December 25, 2018

‘Ngulik’ Kreasi Fashion Bareng Muklay dan Muhammad Sadad dalam BincangShopee Volume ke-11

Penulis: Rizki R
‘Ngulik’ Kreasi Fashion Bareng Muklay dan Muhammad Sadad dalam BincangShopee Volume ke-11  

Mobitekno – Event tahunan Jakcloth YES 2018 memang telah usai, namun ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari perayaan ini –salah satunya datang dari booth Shopee yang menggelar BincangShopee volume ke-11 dengan mengambil tema “Kreativitas Tanpa Batas”.

Shopee menyadari bahwa usaha clothing line memang seringkali dilirik lantaran dianggap menjanjikan dan memiliki industri yang cukup dinamis, terlebih karena kebutuhan anak muda akan pakaian dengan desain terbaru cukup tinggi. Setiap penggiat harus menghadapi tantangan yang cukup sulit lantaran mereka perlu memberikan sentuhan unik agar mudah diingat. Di sisi lain, para penggiat juga diharuskan untuk terus berinovasi untuk memenangkan hati target pasarnya.

Maka dari itu, untuk mewadahi lonjakan kreativitas para penggemar dan penggiat industri fashion, Shopee turut menghadirkan dua sosok yang mempunyai peran berbeda namun berpengaruh di industri clothing tanah air; Muhammad Sadad, Founder dari Erigo Store yang sampai sekarang menjadi salah satu brand favorit anak muda; dan Muklay, Seniman Visual yang sering berkolaborasi dengan serangkaian brand fashion terkenal.

Keduanya berbagi tips dan trik seputar proses kreatif dalam membangun sebuah brand fashion dan bagaimana mengkreasikan brand tersebut agar mempunyai identitas yang kuat dan unik yang dapat diterima oleh pecinta fashion tanah air.

KIKA Muchlis Fachry Muklay Seniman Visual Rezki Yanuar Country Brand Manager Shopee Muhammad Sadad Founder Erigo Store

Ki-Ka (Kiri-Kanan) – Muchlis Fachry (Muklay) Seniman Visual; Rezki Yanuar – Country Brand Manager Shopee; Muhammad Sadad – Founder Erigo Store

Dalam obrolan santai yang juga mengundang awak media, kedua pria diatas tak sungkan membagikan tips dan solusi dalam menciptakan karya yang kreatif dan inovatif di bidang fashion:

  1. Jangan takut untuk membuat konsep yang berbeda

Konsep desain adalah ide di balik sebuah desain. Konsep ini yang akan mendasari logika, pemikiran, serta penalaran untuk bagaimana kamu akan mendesain. Konsep inilah yang akan menentukan bentuk, warna, dan jenis yang akan dipilih. Jangan takut untuk memilih konsep yang anti-mainstream seperti menggabungkan nuansa etnik dan modern atau mengusung konsep eco-fashion dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Disamping itu, konsisten juga sangat diperlukan untuk selalu memberikan produk-produk yang menarik. “Inti dari jualan, ya maju aja terus … Untuk mendukung proses kreatifnya, cari ragam inspirasi dari majalah maupun internet,” ujar Sadad.

  1. Kolaborasi dan inovasi

Salah satu strategi untuk membuat kreasi barang fashion yang memiliki value lebih adalah melalui kolaborasi dan inovasi. Menentukan tema yang sesuai dengan tren atau momentum yang ada, misalnya, bisa menjadi salah satu pilihan kolaborasi yang diinginkan. Tentunya, perlu dipastikan pihak-pihak yang diajak berkolaborasi dapat mewakili tema terpilih dengan baik.

Kolaborasi itu penting, tetapi kolaborasi seperti apa? Menurut Muklay, kolaborasi dengan seniman untuk desain jaket jins, atau membuat koleksi desain eksklusif dengan tema tertentu, bisa dijadikan pilihan. Selain itu, kolaborasi juga harus memiliki cerita yang bisa menambah nilai tambah bagi produk yang dikolaborasikan.

  1. Tentukan channel pemasaran dan promosi yang tepat

Bagi yang tertarik untuk mengembangkan hasil kreasi fashion menjadi bisnis, tentukanlah strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Untuk memulai, tentukan dulu target audiens yang pas. Kalau gaya design-nya bergaya urban dan cocok untuk anak muda, maka penting untuk mengetahui kanal informasi dan platform yang mereka gunakan untuk berbelanja barang fashion.

Mengiringi kemeriahan Jakcloth YES 2018, para pengguna juga dapat membeli barang-barang fashion terkini dari ragam pilihan brand favoritnya, termasuk Erigo Store, di Shopee.

Sebagai penutup, Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee Indonesia menyatakan bahwa BincangShopee kali ini sejalan dengan komitmen Shopee untuk mengedukasi dan meningkatkan taraf hidup pengguna dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh dengan menghadirkan dua anak muda inspiratif untuk membagikan pengalaman mereka berkecimpung di industri fashion Indonesia.

“Hadirnya Sadad dan Muklay kami harapkan dapat memberikan ilmu-ilmu yang dibutuhkan oleh anak muda, sehingga mereka tidak perlu ragu untuk terus berkarya,” pungkas Rezki.

Tags: , , , , ,


COMMENTS