September 25, 2018

Setelah Google Maps, Aplikasi Navigasi Waze Juga Didukung oleh Apple CarPlay

Penulis: Iwan RS
Setelah Google Maps, Aplikasi Navigasi Waze Juga Didukung oleh Apple CarPlay  

Mobitekno –¬†Dalam laporannya perihal keamanan otomotif, AAA Foundation for Traffic Safety menyatakan bahwa Android Auto dan Apple CarPlay, dua sistem yang menjembatani interaksi pengemudi dengan smartphone dan mobil cukup siginifikan membantu meningkatkan keamanan pengemudi dalam berkendara.

Menurut laporan ini, dibandingkan sistem infotainment (head unit) bawaan mobil, Android Auto dan CarPlay secara signifikan dapat merespon telepon lebih cepat 24 persen (5 detik) dan melakukan navigasi lebih cepat 31 persen (15 detik).

Perbedaan beberapa detik sangat penting artinya dalam berkendara. Coba bayangkan bagaimana perbedaan hitungan detik dapat mempengaruhi/menggangu konsentrasi pengemudi saat berkendara dan dapat berisiko fatal.

Bayangkan lagi mobil/kendaraan yang melaju dengan kecepatan 60 km/jam dalam hitungan satu detik akan bergerak sekitar 15 meter atau 30 meter pada 100 km/jam. Jadi, pengemudi yang terlambat merespon dalam hitungan detik (untuk bereaksi/menghinjak rem, dll) berisiko mengalami inisden/kecelakaan jika tidak mengantisipasi situasi dan kondisi yang terjadi begitu cepat di depannya.

Waze CarPlay

Meskipun saat ini jumlah pengguna sistem Android lebih besar dari pengguna iOS, model mobil yang sistem infotainment-nya sudah mendukung CarPlay juga tidak kalah banyaknya. Hingga tahun lalu setidaknya sudah ada sekitar 200 lebih model kendaaraan yang sudah mendukung Apple CarPlay.

Salah satu poin plus Android Auto dibandingkan CarPlay adalah dalam hal fasilitas navigasi, dalam hal ini Google Maps yang dianggap lebih baik dari Apple Maps. Oleh karenanya, kabar Apple yang mengizinkan aplikasi pihak ketiga (sebagai bagian fitur baru iOS 12) untuk hadir di CarPlay tentu merupakan angin segar bagi pengguna iOS.

Itu artinya, pengguna CarPlay dapat mengunakan alternatif peta di luar Apple Maps. Setelah sebelumnya CarPlay membuka diri untuk Google Maps, kini CarPlay pun siap mendukung sistem navigasi yang juga populer, yaitu Waze.

Sistem navigasi Waze di CarPlay akan dapat mengaktifkan pencarian tempat menggunakan suara yang berarti aman untuk digunakan saat berkendara (less distraction).

Salah satu keunggulan Waze lainnya adalah informasi yang dibagikan pengguna lain jika terjadi suatu insiden/kecelakaan di suatu lokasi atau laporan lalu lintas lainya. Informasi ini penting agar pengemdi dapat mengantisipasinya dan meilih rute alternatif agar tidak terjebak di lokasi tersebut.

Selain itu, interface Waze di CarPlay juga dapat agar tampilan petanya cocok di siang atau malam, memberitahukan jalan pintas (shorcut) untuk menghindari kemacetan, lokasi-lokasi menarik lainnya, dan sistem pengumpulkan poin khas Waze.

Tags: , , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS