May 25, 2018

Samsung Galaxy J6 dan J8: Seri J Pertama dengan Layar Infinity Display

Penulis: Iwan RS
Samsung Galaxy J6 dan J8: Seri J Pertama dengan Layar Infinity Display  

Mobitekno – Samsung cukup populer dengan lini smartphne premiumnya Galaxy S series. Namun, ini bukan berarti raksasa smartphone asal Korea Selatan itu mengabaikan seri-seri lainnya (di bawahnya), seperti Galaxy A series dan J series.

Sebagai pemimpin pasar smartphone global bersama Apple, Samsung secara konsisten menyegarkan kedua seri tersebut untuk penggunananya di seluruh dunia. Seperti yang baru dilakukan Samsung dengan meluncurkan Galaxy A dan J series terbaru di India sebagai pasar smartphone terbesar kedua di dunia.

Koleksi Galaxy J terbaru diwakili J6 dan J8, sedangkan Galaxy A terbaru diwakili Galaxy A6 dan A6+. Apabila Galaxy J6 dan Galaxy A6 diperkuat chispet/SoC Exynos 7870, Galaxy J8 dan Galaxy A6+ diperkuat chipset Snapdragon 450.

Galaxy J6

Bagi konsumen yang membutuhkan smartphone seri Galaxy yang terjangkau, pilihannya adalah seri J6 dan J8. Meski memiliki spesifikasi teknis yang berbeda, keduanya mempunyai kesamaan, yaitu layarnya sama-sama berjenis Super AMOLED dengan format Infinity Display (18.5:9, HD+ 1440 x 720 piksel), dan menjalankan sistem Android 8.0 Oreo.

Selain perbeda ukuran layar (J6 5,6 inci vs J8 6 inci), perbedan lainnya yang cukup menonjol antara J6 dan J8 terletak pada sektor kameranya. Seperti seri J7 Duo yang belum lama diluncurkan, kamera utama Galaxy J8 sudah mengadopsi teknologi dual camera.

Kamera utama ganda J8 datang dengan kombinasi sensor 16 MP (f/1.7) dan sensor 5 MP (f/1.9) dengan dukungan autofocus dan flash LED.

Menariknya, kamera depannya (selfie camera) juga tergolong mumpuni karena telah menggunakan sensor 16 MP (f/1.9, LED flash). Pengguna berusia muda yang doyan selfie tampaknya menjadi salah satu target konsumen Samsung dengan Galaxy J8 ini.

Galaxy J8

Galaxy J8 dan Galaxy J6 (RAM 3 GB, storage 32 GB) yang dibanderol berturut-turut di harga INR18.990 (sekitar Rp 3.9 juta) dan INR 13,990 (sekitar Rp 2,9 juta) akan dikemas dalam bodi berbahan plastik (polikarbonat unibody).

Selain chipset Snapdragon 450, sektor dapur pacu Galaxy J8 juga didukung RAM 4 GB, internal storage 64 GB (mendukung slot microSD hingga 256GB), dan sokongan baterai berkapasitas 3.500 mAh

Samsung Galaxy J6 dan Galaxy J8 akan tersedia di pasaran berturut-turut mulai bulan Mei dan Juni mendatang dengan tiga pilihan warna, yaitu Blue, Black dan Gold. Kita tunggu saja kapan kedua smartphone terjangkau ini tersedia di pasar Tanah Air.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS