April 25, 2018

Pabrikan Ponsel Tiongkok Masih Perkasa di Rumah Sendiri

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Pabrikan Ponsel Tiongkok Masih Perkasa di Rumah Sendiri  

Mobitekno – Baik karena faktor jenuhnya pasar lokal, mencari peluang pasar baru, atau alasan lainnya, tren beberapa tahun ini menunjukkan jika beberapa pabrikan (perusahaan) smartphone asal Tiongkok mulai merambah ke pasar global yang tidak kalah ‘gemuknya’.

Sebut saja pasar di India dan Indonesia yang merupakan dua negara di luar Cina yang semakin serius disasar pabrikan (perusahaan) smartphone Tiongkok, seperti Huawei, OPPO, Vivo, Xiaomi, Honor, dan lain-lain.

Meskipun mulai menggarap pasar di kandang dan bersaing dengan perusahaan mapan, seperti Samsung dan Apple, pabrikan Tiongkok masih tetap konsisten menggarap pasar lokal.

Pertanyaannya, bagaimana posisi masing-masing pabrikan Tiongkok tersebut di pasar kampung halamannya saat ini?

Adalah lembaga riset Sino yang belum lama ini telah mengumumkan hasil kuartal pertama 2018 mengenai distribusi dari pabrikan smartphone tersebut di pasar Tiongkok. Tercatat, Oppo unggul dari semua merek dengan angka pengiriman (shipment) hingga 18,52 juta unit.

Data pasar smartphone Tiongkok

Sementara, Vivo yang disebut-sebut masih ‘saudara kandung’ Oppo berada di posisi kedua dengan raihan hingga 17,34 juta unit. Perusahaan smartphone no. 1 di AS, Apple menempati posisi ketiga dengan jumlah shipment 16,8 juta unit.

Apple masih beruntung dibandingkan rivalnya di pasar global, Samsung, yang harus puas di posisi ke-9 dengan jumlah smartphone shipment sebanyak 2,14 juta unit.

Sementara, Huawei dan Honor, masing-masing berada di posisi keempat dan kelima. Huawei berhasil mendistribusikan sebanyak 14,42 juta unit dan Honor sebanyak 14 juta unit.

Bagaimana dengan Xiaomi yang sempat cukup dominan di pasar Tiongkok beberapa tahun lalu? Fokusnya hingga menjadi nomor satu di India sepertinya berdampak di pasar Cina. Xiaomi harus puas di posisi ke-6 dengan jumlah shipment smartphone mencapai 12,37 juta unit.

bagaimana jika dilihat dari pendapatan penjualan selama kuartal pertama 2018? Apple mungkin belum terlalu risau dengan jumlah unitnya yang terjual di pasar tiongkok. Pasalnya produsen iPhone tersebut masih terlihat perkasa di posisi puncak dengan angka pendapatan yang cukup jauh dari pabrikan lainnya.

Berdasarkan laporan pasar smartphone kuartal pertama ini dapat ditarik kesimpulan jika pabrikan smartphone Tiongkok boleh sedikit berbangga karena setidaknya mereka masih cukup perkasa di rumahnya sendiri.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS