October 24, 2018

Mengecewakan, Pixel 3 Ternyata Hanya Mendukung Pengisian Daya Nirkabel Berlisensi Google

Penulis: Rizki Romdoni
Mengecewakan, Pixel 3 Ternyata Hanya Mendukung Pengisian Daya Nirkabel Berlisensi Google  

Mobitekno – Salah satu fitur tambahan yang membuat pengguna semakin nyaman menggunakan Pixel 3 dan Pixel 3 XL adalah dukungan untuk pengisian nirkabel. Google membuat fitur baru ini dengan aksesori Pixel Stand yang dapat mengisi daya ponsel sambil menyediakan akses mudah ke Asisten Google, dan bisa juga bertindak sebagai bingkai foto.

Tapi belum lama ini muncul sebuah pernyataan bahwa jika Anda ingin mendapatkan kecepatan lebih untuk pengisian nirkabel, Anda harus memiliki Pixel Stand (charger nirkabel 10W berlisensi Google). Konsekuensinya adalah bila Anda tidak menggunakan pengisi daya ini, Anda akan terjebak pada spesifikasi 5W Qi (kecepatan standar) yang berfungsi sebagai pengisian Qi dasar.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, perwakilan Google berkomentar, “Kami tidak membatasi perangkat pihak ketiga. Pada kenyataannya, kami bekerja sama dengan mitra kami dalam program Made for Google untuk mendapatkan pengisian cepat 10W yang disertifikasi untuk digunakan dengan Pixel 3. Pixel Stand dan Pixel 3 bekerja bersama melalui protokol yang kami kembangkan untuk mengisi daya dengan cepat. Segala sesuatu yang lain dikenakan pada standar industri Qi 5W.”

Pixel 3 phones on display in New York in October 2018. | Photo: Richard Drew (AP)

Meski Google telah bekerja dengan produsen pihak ketiga untuk mendapatkan lebih banyak pengisi daya Pixel 3 bersertifikat di luar sana, akan mengecewakan bila Google membatasi kecepatan pengisian yang lebih cepat hanya kepada mitra yang disetujui, ketimbang mengadopsi standar Qi yang sama di hampir setiap produsen telepon di industri.

Tentu, Apple, Samsung, dan LG memiliki standar internal yang berbeda terkait pengisian cepat nirkabel (spesifikasi Samsung di 9W, LG di 10W, dan sebelumnya Apple telah menargetkan 7,5W untuk iPhone X). Lebih penting lagi, semua standar itu kompatibel dengan standar Qi. iPhone akan mengisi daya lebih cepat pada Samsung pad, dan ponsel LG G7 ThinQ akan mendapatkan kecepatan pengisian penuh dari pengisi daya nirkabel yang dibuat khusus untuk ponsel Apple.

Tags: , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS