May 24, 2018

Review TP-Link Archer C3150: Dibuat untuk Orang-orang yang Ingin Akses Internet Cepat

Penulis: Desmal Andi
Review TP-Link Archer C3150: Dibuat untuk Orang-orang yang Ingin Akses Internet Cepat  

Mobitekno – Router dengan kinerja tinggi telah menjadi kebutuhan bagi Anda dan keluarga Anda yang ingin meningkatkan jangkauan serta memperoleh kecepatan koneksi dan akses internet secara lancar. Seiring dengan perkembangan teknologi biaya untuk mendapatkan router berkualitas dengan fitur besar juga semakin terjangkau.

Ketika kita melihat promosi para penyedia layanan internet dengan kecepatan tinggi dan harga yang menggiurkan jangan lupa untuk menyediakan router yang berkualitas. Router dengan kinerja tinggi akan sangat menguntungkan dan membantu pekerjaan kita. Contohnya seperti seorang gamer atau vlogger yang serius dengan profesinya. Mereka akan membutuhkan router dengan kecepatan dan keandalan tinggi di rumahnya. Di sisi lain, anggota keluarga lain juga membutuhkan sinyal Wi-Fi untuk mendukung aktivitas mereka, apakah dengan router yang spesifikasinya biasanya saja akan dapat mengatasi kebutuhan semua orang secara bersamaan ? Itulah mengapa memilih router yang sesuai dengan jaringan dan kebutuhan Anda menjadi hal yang sangat penting.

Jawabannya untuk keadaan di atas tampaknya hadir pada router buatan TP-Link ini. TP-Link sebagai perusahaan perangkat teknologi mengeluarjan Router Wi-Fi rcher C3150 (AC3150) dengan jaminan kinerja tingkat tinggi dan sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi Internet terbaru. Kali ini Mobitekno akan membahas tentang apa yang ditawarkan oleh Router ini, terutama fitur yang paling penting dan bagaimana infrastruktur jaringan serta koneksi Wi-Fi secara keseluruhan.

 

Kelengkapan

Kelengkapan

Hadir dengan boks yang cukup besar, TP-Link Archer 3150 tidak hanya menyediakan unit router saja, tetapi beberapa perangkat pendukung lainnya. Walaupun boksnya besar, unit routernya sendiri tidak terlalu berat. Sebaagai router yang menawarkan kinerja cepat, TP-Link AC3150 dilengkapi dengan empat antenaa fleksibel yang ditempatkaan di belakang unit router.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini apa saja yang ada di dalam Paket boks Router TP-Link Archer 3150:

  1. Unit gigabit router TP-Link AC3150 Wireless NU-MIMO
  2. Kabel daya beserta adapternya.
  3. Kabel RJ45 berwarna putih.
  4. Kartu garansi,
  5. Buku petunjuk singkat.
  6. Empat buah antena berwarna senada dengan unit router.

 

Desain 

Untuk bodinya sendiri, router ini didesain dengan bentuk yang cukup enak untuk dilihat. Setengah pada bagian atasnya dibuat untuk sistem ventilasi udara agar panas bisa terbuang. Di tengahnya terdapat lampu-lampu indikator mengenai fungsi yang aktif pada router ini. Sementara setengah bagian lagi tampil dengaan warna hitam glossy yang memuat lampu indikator power di tengahnya dan logo TP-Link di bagian kiri atas.

Atas

Sementara keseluruhaan bagian bawahnya yang didesain melengkung di tiap sisi juga terdapat lubang-lubang kecil untuk pembuangan udara panas.

Bagian belakang menjadi hal yang penting bagi unit ini karena terdapat berbagai port dan tombol utama untuk operasional router, Dimulai di bagan kiri terdapat port RJ45 untuk koneksi dari penyedia Internet atau dari modem. Port-nya berwarna biru untuk memudahkan pengguna saat ingin menghubungkan kabel Internet ke port ini. Di bagian tengah terdapat empat port berwarna kuning untuk koneksi LAN. Port-port ini bisa dihubungkan ke berbagai perangkat melalui kabel, seperti PC atau notebook.

bawah (Medium)

Selanjutnya, ada port untuk koneksi daya listrik. Colokkan saja kabel daya yag sudah disediakan ke bagian ini agar router bisa segera aktif. terakhir adalah tombol on/off ntuk menghidupkan dan mematikan fungsi router. tombolnya berukuran kecil namun mudah untuk diakses.

Di antara port-port tadi, terdapat koneksi untuk menghubungkan emat antena agar router bisa memancarkaan signal Wi-Fi dengan kuat dan menyebar di ruangan. Antena-antena ini juga didesain fleksibel sehingga mudah untuk diputar ke segala arah.

Beralih ke bagian samping kiri. Di sini juga terdapat beberapa port dan tombol penting untuk operasional router. Pada AC3150 terdapat port USB 3.0 dan satu port 2.0 untuk menghubungkan hard drive eksternal, pronter, file sharing gambar, video dan media lainnya dengan muda.

Samping kiri

Selain itu ada tombol akses cepat untuk mematikan dan menghidupkan Wi-Fi nya saja. Ada juga lubang kecil untuk fungsi reset. Dan satu lagi, tentu saja tombol WPS.

 

Kemudahan Dalam Penggunaan

fungsi

Kecepatan sudah tentu menjadi prioritas utama dalam memilih sebuah router berperforma tinggi, karena dengan ini Anda dapat menyelesaikan  lebih banyak hal dengan cepat dan bisa menikmati beragam hiburan dan media dengan yang memiliki ukuran besar tanpa buffering.

TP-Link AC3150 tampaknya menjadi pilihan tepat dimana router ini menawarkan sejumlah besar teknologi canggih yang memungkinkan Anda mencapai kecepatan tinggi. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan streaming video 4K HD dan game online yang menuntut akses Wi-Fi dengan kecepatan ekstra.

Jangkauannya juga cukup luas dalam memancarkan signal Wi-Fi. Mobitekno mencoba mengakses router ini dari berbagai ruangan. Asalkan ketebalan tembok di rumah Anda wajar-wajar saja, signal masih mampu menembus beberapa ruangan walau router ada di ruang tengah.

Prosesor dual core di dalamnya tidak hanya berkecepatan tinggi dan dilengkapi dua co-processors yang hebat, namun kokoh dan andal untuk penggunaan jangka panjang dan terus menerus. Saat terjadi kesulitan dari para penggunanya tentu saja  TP-Link selalu siap membantu melalui staff ahlinya.

Dalam hal penggunaannya AC3150 ini cukup mudah di setting, tidak perlu menggunakan instalasi CD karena semua sudah tersetting secara default. Ada app tether yang mudah digunakan dengan smartphone atau tablet. Penyesuaian atau konfigurasinya cukup bersahabat bahkan untuk orang yang belum paham dengan teknologi router ini. Semua tertata dalam struktur yang bagus dan mudah dinavigasu sehingga tidak akan membuat penggunanya bingung mengenai cara konfigurasi jaringan / router ini.

Tether

Aplikasi Tether

Di aplikasi tether ini, Anda juga dapat mengetahui jumlah device yang terhubung ke router. Anda bisa mengetahui IP setiap device dari sini, dan bahkan bisa membloknya hanya dengan sekali klik. Namun, untuk fungsi yang lebih advance, Anda harus mengakses router melalui IP routernya sendiri dari browser. Di sini Anda bisa megatur besaran bandwidth baik untuk upload maupun download dan berbagai setting detail lainnya.

 

Spesifikasi Archer C3150

Spek

Archer C3150 berjalan pada jaringan yang memiliki kecepatan gabungan hingga 3150Mbps melalui band 2.4 GHz dan 5 GHz. TP-Link AC3150 merupakan solusi dual band yang mendukung NitroQAM dan 1000Mbps pada jaringan 2.4 GHz dan 2167 Mbps pada jaringan 5GHz.

Perangkat ini juga memanfaatkan teknologi Multi User MIMO yang memberikan kecepatan efektif untuk setiap perangkat yang Anda gunakan.

Selain itu, prosesor dual core tidak hanya berkecepatan tinggi dan dilengkapi dua co-processors yang hebat, namun kokoh dan andal untuk penggunaan jangka panjang dan terus menerus.

Di dalam Archer C3150 terdapat prosesor dual core 1.4 GHz dan  dual co-prosesor pada 2.4 GHz dan 5 GHz. Dengan beberapa prosesor tersebut maka jaringan Anda mampu mengatasi permintaan aktivitas berinternet yang tinggi tanpa mengalami masalah lag. Sejatinya router keluaran TP-Link yang satu ini ideal untuk streaming game dan multiplayer online dengan kebutuhan bandwidth yang tinggi. CPU di dalam Archer C3150 ini bekerja satu sama lain untuk memastikan jaringan Anda selalu beroperasi dengan mulus.

AC3150 memiliki manajemen koneksi yang efektif, dibekali dengan smart connect sebagai teknologi yang intuitif yang bekerja dengan MU MIMO dan bisa melacak setiap koneksi yang sedang berjalan.

Anda juga disediakan pengaturan manual dengan QoS yang memungkinkan Anda mengubah jumlah bandwith yang akan diberikan ke perangkat tertentu. Dengan hal ini Anda akan selalu mendapatkan kecepatan yang tepat untuk streaming film atau bermain game online tanpa terganggu oleh kebutuhan kecepatan dari perangkat lainnya.

Terdapat NitroQAM pada AC3150 yang dirancang untuk bekerja dengan 4-Stream pada perangkat ini akan mengelola empat aliran untuk memproses data dengan lebih cepat, lancar dan efektif dengan kecepatan 25% lebih besar.

Router ini juga dilengkapi dengan empat antena dual band yang memberikan kekuatan sinyal besar dan jangkauan hingga 10.000 kaki menjadikannya pilihan ideal untuk rumah berukuran menengah hingga besar.

 

Kesimpulan 

kesimpulan

Secara keseluruhan, Router WiFi TP-Link AC3150 menawarkan banyak manfaat dengan menggabungkan sejumlah fitur canggih ke dalam desain kompak dan mudah digunakan yang ideal untuk siapapun yang ingin meningkatkan kecepatan, jangkauan, dan keandalan Internet nirkabel Anda. Untuk harganya AC3150 ini dijual mulai Rp. 3.000.000,.

Ketika Anda ingin membeli router, penting juga untuk mempertimbangkan daya tahan perangkat ini. Tentunya Anda tidak menginginkan router yang tiba-tiba berhenti bekerja karena daya tahan yang kurang baik, ini akan membuat Anda terjebak dan harus mengeluarkan lagi biaya laagi untuk membeli sebuah router. Untungnya TP-Link peduli akan masalah purna jual ini. TP-Link Archer C3150 dilengkapi dengaan garansi 1 tahun serta dukungan teknis.

 

Tags: , , , , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS