April 24, 2018

Berkat Machine Learning, Jutaan Video ‘Nakal’ Dapat Dicegah Tayang di YouTube

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Berkat Machine Learning, Jutaan Video ‘Nakal’ Dapat Dicegah Tayang di YouTube  

Mobitekno – YouTube menegaskan niatnya membuat laporan per kuartal yang menitikberatkan bagaimana upaya mereka dalam membersihkan atau mencabut berbagai video yang dianggap telah melanggar ketentuan yang berlaku pada layanan video streaming tersebut.

Laporan pertama yang belum lama ini dirilis menyebutkan bahwa selama tiga bulan terakhir 2017, lebih dari 8 juta video telah dihapus. Sebagian besar video yang dihapus tersebut masuk kategori spam dan konten dewasa.

YouTube juga mengatakan bahwa software berbasis machine learning-nya turut mendukung proses penghapusan sejumlah video yang dikategorikan mengandung unsur kekerasan. Setidaknya ada sebanyak 6,7 juta dari 8 juta video yang dihapus berhasil ‘ditandai’ melalui bantuan komputer.

YouTube censored

Tentu saja, ini merupakan langkah besar yang dilakukan oleh YouTube. Sebelumnya layanan video streaming milik Google ini sering kali mendapatkan kritik soal lambatnya respons mereka dalam menghapus video-video yang tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan (berlaku).

Kontribusi machine learning dalam menyaring video yang tidak diinginkan inii cukup signifikan. Tahun lalu YouTube hanya berhasil menyaring dan mencabut 8% video dengan unsur kekerasan. Namun, setelah teknologi machine learning mulai diterapkan, sebanyak 50% video berhasil dihapus.

YouTube tidak mau puas sampai di tahap ini. Awal 2018, YouTube mengumumkan kehadiran “Intelligence Desk”, termasuk didalamnya menghadirkan 10 ribu moderator baru untuk menyeleksi beragam konten yang dikirimkan ke layanan YouTube.

Harapannya, lewat teknologi machine learning dan hadirnya moderator konten yang bekerja secara aktif, video-video yang tayang di kanal YouTube akan lebih berfaedah bagi penggunanya.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES