February 24, 2018

Land Rover Luncurkan Smartphone yang Dianggap Paling Tahan Banting

Penulis: Iwan RS
Land Rover Luncurkan Smartphone yang Dianggap Paling Tahan Banting  

Mobitekno – Land Rover (Jaguar Land Rover Automotive PLC) yang kini dimilki perusahaan ototmotif India, Tata Motors, lebih dikenal sebagai merek mobil jip (SUV) tangguh yang cocok untuk medan berat/ekstrem.

Citranya mobil jip tangguh rupanya juga ingin ditularkan ke produk lainnya, yaitu smartphone. Land Rover baru saja mengumumkan smartphone baru yang diklaim tahan banting (kokoh) dan cocok bagi pengguna dengan ‘jiwa petualang’.

Desain smartphone bernama lengkap Land Rover Explore ini disebut terinspirtasi dari desai mobil Jip 4×4-nya yang sudah teruji di kondisi paling ekstrim sekalipun. Berkat casing kokohnya, Land Rover Explore dapat digunakan sambil menyelam, bukan hanya di air tawar tapi juga air asin hingga kedalaman 1,8 meter.

Land Rover Explore phone

Casing Land Rover Explore memiliki keunikan karena dapat dipasangkan (ditempelkan) dengan aksesori tertentu untuk berbagai kebutuhan pengguna. Misalnya, aksesori Adventure Pack sebagai baterai ekstra 3.600 mAh dan antena khusus untuk memperkuat sinyal di daerah terpencil.

Aksesori Battery Pack juga tersedia bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas baterai yang lebih besar (4.370 mAh). Selain itu, ersedia juga aksesori Bike Pack untuk ‘dudukan’ smartphone di sepeda.

Land Rover Explore didukung oleh chipset/prosesor 10 core (deca-core) MediaTek MTK Helio X27, RAM 4 GB, internal storage 64 GB, dan baterai 4.000 mAh.

Pemilihan chipset MTK Helio X27 (2x A72 @2,6 GHz; 4x A53 @2 GHz; 4x A53 @1,6 Ghz) merupakan pilihan kurang lazim mengingat umumnya vendor lebih memilih chipset premium dari Qualcomm (Snapdragon 820 atau 835).

Land Rover Explore phone

Land Rover Explore akan dipasarkan bulan April 2018 ini seharga € 649 (sekitar Rp 11 juta). Sementara berbagai aksesorinya akan ditawarkan seharga mulai dari € 70 hingga € 100 (Rp 1,2 juta – Rp 1,7 juta).

Meskipun tidak persis menyasar konsumen yang sama, Land Rover Explore mungkin akan bersaing dengan smartphone tahan banting lainnya, yaitu Cat S61. Bedanya, Cat S61 yang lebih ditujukan bagi pekerja lapangan ini sudah dilengkapi dengan sensor thermal (thermal camera) dan sensor VOC (Volatile Organic Compound) untuk mengetahui kualitas air.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES