February 24, 2018

Interface ‘Dark Mode’ yang Hemat Baterai Masih Belum Masuk Agenda Google

Penulis: Iwan RS
Interface ‘Dark Mode’ yang Hemat Baterai Masih Belum Masuk Agenda Google  

Mobitekno – Bulan November 2017 lalu, seorang meminta kepada pihak Google di forum Googel Issue Tracker agar opsi ‘Dark Mode’ atau mode gelap/hitam tersedia di versi Android mendatang (Android 9.0).

Mode theme berwarna gelap ini terutama menarik bagi pengguna smartphone yang memilki layar jenis OLED karena dapat berguna menekan konsumsi baterai daibandingkan layar LCD.

Seperti diketahui, gambar hitam pada layar LCD tidak sepenuhnya hitam karena mata manusia masih akan melihat efek backlighting di layar. Berbeda halnya dengan warna hitam pada layar OLED terlihat lebih gelap/hitam kamera pixel-nya tidak menampilkan cahaya sama sekali.

Selama ini, opsi untuk mengaktifkan dark mode hanya dapat dilakukan melalui aplikasi pihak ketiga (3rd party app) atau fungsi masing-masing aplikasi (jika memang tersedia).

Dark Mode theme

Setelah menjanjikan akan membagikan permintaan tersebut ke tim Google, respons baru-baru ini (23/2/2018) sepertinya memberi lampu hijau. Dalam pernyataannya, tim pengembang Google akan memasukkan fitur tersebut ke rilis Android berikutnya.

Sayangnya, tidak berselang kemudian Googel buru-buru meralat konfirmasi hadirnya Dark Theme ini dengan alasan telah terjadi kesalahpahaman terkait opsi ‘Dark Mode’ tersebut.

Menurut laporan terakhir dari Android Police, salah paham terjadi dengan tim yang menangani masalah AOSP (Android Open Source Project). Dengan demikian, Google belum dapat menghadirkan ‘Dark Mode’ dalam waktu dekat ini. Mode ini baru akan tersedia pada ‘Developer Options’ untuk memudahkan para developer menjajal mode tersebut dalam aplikasi mereka.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES