November 23, 2018

Smartwatch GPS Tahan Banting Garmin Instinct Hadir di Indonesia. Sasar Para Petualang dan Aktivis Outdoor

Penulis: Iwan RS
Smartwatch GPS Tahan Banting Garmin Instinct Hadir di Indonesia. Sasar Para Petualang dan Aktivis Outdoor  

Mobitekno – Garmin Indonesia akhirnya meluncurkan Garmin Instinct, smartwatch terbaru seharga Rp 4,5 juta yang ditujukan untuk pengguna yang gemar petualang, olahraga, atau kerap melakukan berbagai aktivitas outdoor lainnya.

Ketangguhan smartwatch dengan multi-sistem navigasi (mendukung GPS, GLONASS, dan Galileo) ini terlihat dari desainnya yang sportif dan kokoh. Garmin Instinct disebut telah mendukung standar militer (US military grade MIL-STD-810G) untuk ketahanan terhadap panas (thermal), guncangan (shock), dan anti-air (hingga kedalam 100 m).

Garmin Instinct yang jauh lebih terjangkau dari iPhone Watch 4 juga bahkan telah dilengkapi sensor denyut jantung (heart rate sensor), ABC (altimeter, barometer, dan kompas 3-sumbu), akselerometer, termometer, dan aplikasi untuk memantau dan mendokumentasikan berbagai aktivitas olahraga dan kebugaran (fitness).

Garmin Instinct

Garmin Instinct

“Kami sangat senang dapat menambahkan Garmin Instinct ke deretan (produk) jam tangan petualang kami, karena Instinct adalah jam tangan pintar untuk luar ruangan yang tangguh dan bisa diandalkan,” ujar Engelhard (Al) Sundoro, Managing Director, Garmin South Asia di Jakarta (22/11/2018).

Bodi Garmin Instinct terbuat dari polimer yang diperkuat bahan serat khusus yang tahan pada suhu dari -20 °C hingga 60 °C, jatuh dari ketinggian 122 cm, hingga digunakan menyelam hingga kdelaman 100 meter. Instinct bahkan dapat digunakan berenang atau menyelam di air laut karena ketahanannya terhdapa korosi air garam.

Layarnya juga sudah anti gores dan mudah dibaca meski dilihat di bawah sinar matahari. Selain itu, strap tali jam tangan berbahan silikonnya didesain dengan ventilasi menggunakan dua keeper loop yang independen dan dapat dicopot agar cocok (dapat diatur) di pergelangan tangan pengguna.

Garmin Instinct

Garmin Instinct diklaim dapat dipakai selama 14 jam (mode smartwatch), 16 jam (mode GPS), dan 35 jam dalam mode hemat baterai UltraTrac. Smartwatch ini juga kompatibel dan terkoneksi dengan ponsel untuk menerima berbagai notifikasi, seperti SMS, email, dan lain sebagainya.

Pengguna yang ingin berpetualang di area baru disarankan menjalankan aplikasi Garmin Explore untuk merencanakan perjalanan dan menentukan kapan waktunya harus kembali. Fitur TracBack-nya berguna untuk melakukan navigasi rute yang sama agar kembali ke titik awal (waypoints back). Fitur ini mungkin sangat penting agar pengguna tidak tersesat.

Sudah pasti fitur pemantau kesehatan dan kebugaran, seperti pengukur denyut jantung, pedometer, jarak tempuh, pembakaran kalori, dan lain-lainnya sudah diusung oleh Garmin Instinct.

Garmin Instinct tersedia dalam warna Graphite, Tundra, dan Flame Red mulai 22 November di Urban Republic, Erafone Store, Erafone.com dan Blibli.com seharga Rp 4,5 juta dengan bonus tas punggung Oakley (dalam jumlah terbatas).

Tags: , , , , ,


COMMENTS