August 23, 2018

Akhirnya… Ikut Versi Web, Gmail Mobile Juga Punya Fitur Tarik E-mail

Penulis: Iwan RS
Akhirnya… Ikut Versi Web, Gmail Mobile Juga Punya Fitur Tarik E-mail  

Mobitekno –¬†Sejak mulai diperkenalkan sekitar 14 tahun lalu (2014), Gmail kini telah menjelma menjadi layanan e-mail gratis pilihan favorit konsumen di seluruh dunia. Sejalan dengan tren pegguna ponsel Android yang terus meningkat, aplikasi Gmail yang tersedia langsung di ponsel Android sudah pasti akan meningkat pula jumlah penggunanya.

Mengingat kepopulerannya, tentu wajar jika pun mendapat banyak masukan/input dari penggunanya. Salah satu yang dinantikan, khususnya oleh pengguna mobile device adalah fitur untuk menarik e-mail yang dianggap salah (konten atau tujuannya) tapi sudah terlanjur terkirim.

Fitur ini sebenarnya sudah dihadirkan secara resmi di Gmail versi web sejak tiga tahun lalu tapi entah karena alasan apa Google baru menghadirkan fitur tarik e-mail aplikasi mobile-nya saat ini.

Fitur tarik e-mail ini sudah termuat pada apikasi mobile Gmail versi 8.7. Cara menggunakannya juga tidak berbeda seperti pada Gmail versi web yang diakses memlauyi browser. Saat pengguna baru saja mengirimkan e-mail, pengguna akan melihat pesan (pop-up message) di bagian bawah layar. Pesan tersebut menampilkan opsi/tombol untuk membatalkan (Undo Send) pengiriman e-mail tersebut.

Apabila pengguna tidak langsung membatalkannya, jangan khawatir karena email yang terlanjur terkirim masih dapat ditarik kembali atau tidak dapat dibaca oleh penerimanya. Syaratnya, email tujuan juga menggunakan layanan Gmail.

Meskipun fitur ini direncanakan akan hadir pada aplikasi mobile Gmail 8.7 ke atas, tidak ada jadwal pasti kapan fitur ini tersedia untuk semua pengguna. Mengingat update ini berkaitan dengan update layanan server Gmail (server side update), tidak semua pengguna Gmail mobile akan mendapatkan fitur ini secara serentak di selkuruh dunia.

Tags: , , , ,


COMMENTS