June 23, 2018

Bosan dengan EMUI ROM? OpenKirin Tawarkan Stock Android ROM untuk Ponsel Huawei dan Honor

Penulis: Iwan RS
Bosan dengan EMUI ROM? OpenKirin Tawarkan Stock Android ROM untuk Ponsel Huawei dan Honor  

Mobitekno – Huawei dan sub-brand Honor sudah meluncurkan beragam model ponsel (smartphone) untuk segmen entry level, mid-range, dan flagship. Strateginya menawarkan smartphone terjangkau dengan kamera yang cukup mumpuni di berbagai segmen tampaknya cukup menuai hasil seperti yang terlihat pada raihan pangsa pasar yang menunjukkan tren meningkat.

Semua ponsel Huawei dan Honor dilengkapi dengan custom interface EMUI (Emotion UI) dengan basis Android OS. Dbandingkan awal kemunculannya, interface (skin) EMUI saat ini sudah bekeja cukup optimal dan tidak lagi mengusung banyak bloatware.

Meski EMUI relatif sudah cukup optimal dan stabil, masih ada beberapa pengguna yang lebih menyukai interface bawaan Android (stock Android). Ini pula yang melatarbelakangi mereka untuk me-rooting smartphone Huawei/Honor dan mem-flashing-nya dengan custom ROM alternatif.

OpenKirin ROM OpenKirin ROM

Beberapa opsi ROM yang cukup populer, misalnya LineageOS, CarbonROM, dan Resurrection Remix ROM. Kini, seperti yang dilansir dari XDA-Developers, ada satu lagi ROM baru berbasis custom ROM AOSP (Android Open Source Project) dari tim OpenKrin yang dikhususkan untuk ponsel Huawei dan Honor.

Hadirnya ROM untuk ponsel Huawei/Honor yang diperkuat dengan prosesor/chipset Kirin menjadi kabar baik baik pengguna yang doyan otak-atik ROM ponbsel. Pasalnya, ROMs untuk Huawei/Honor dengan chispet HiSilicon Kirin chipsets realtif susah dilakukan.

Namun, berkat hadirnya Project Treble dari Google, aktivitas porting kini menjadi lebih mudah. Saat ini, tim OpenKirin sudah membuka situs baru (openkirin.net) dimana pengguna ponsel Hauwei/honor dapat men-download ROM terbaru, termasuk panduang instalasai untuk beberapa model tertentu.

Saat ini OpenKirin ROM sudah mendukung (kompatibel) dengan 17 model ponsel Huawei/Honor. Untuk merek Honor, ROM ini kompatibel dengan Honor View10, Honor 8 Pro, Honor 7X, Honor 6X, dan Honor 9. Sedangkan ROM untuk merek Huawei sudah tersedia untuk seri Huawei P10 Lite, Mate 10, Mate 10 Pro, Mate 10 Lite, Mate 9 Pro, Mate 9, P10, P10 Plus, dan P10 Lite.

Selain ponsel, OpenKirin ROM ini juga tersedia untuk tablet berbasis Kirin, seprti MediaPad M5 8.4-inch, MediaPad M5 10.8-inch, dan MediaPad M5 Pro. Saat tulisan ini dibuat, link untuk men-download OpenKirin ROM belum tersedia. Periksa kembali beberapa hari ini untuk mengetahui ketersediannya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS