February 23, 2018

Huawei Buktikan Mate 10 Pro Sanggup Kemudikan Mobil Sport

Penulis: Iwan RS
Huawei Buktikan Mate 10 Pro Sanggup Kemudikan Mobil Sport  

Mobitekno – Chipset atau prosesor mobile high-end mulai dibekali dengan kemampuan AI (artificial intelligence). Selain Apple dengan chip A11 Bionic, chip andalan Huawei (Kirin 970) dan Samsung (Exynos 9810) pun juga dibekali dengan kemampuan yang sama.

Namun, apakah setiap chip tersebut memiliki kecerdasan yang sama tentu masih harus diuji dalam berbagai aspek. Bagi Huawei, salah satu cara untuk menunjukkan kebolehan fungsi AI pada chip-nya (Kirin 970) adalah dengan mengujinya mengemudi mobil tanpa bantuan manusia (self-driving car).

Huawei ingin menunjukkan bahwa chip Kirin 970 dalam smartphone flasghip mereka, Huawei Mate 10 Pro, sanggup ‘diserahkan tugas’ mengemudikan sebuah mobil dan ‘peka’ dengan berbagai objek yang ditemui di jalan raya.

Untuk itu, Huawei mencoba menerapkan fungsi autonomous driving pada mobil Porsche Panamera dengan mengandalkan prosesor Kirin 970 pada Mate 10 Pro. Tantangan kali ini adalah Huawei harus ‘membuat pintar’ Porsche Panamera’ menjadi mobil otonom (self-driving vehicle) dalam waktu lima minggu.

Seperti yang terlihat pada video, sistem AI Huawei (pada Porsche Panamera) yang sudah diprogram untuk mengenal objek, seperti kucing dan anjing, terbukti sukses menghindari anjing saat diuji.

Video yang ditunjukkan ini bukan menunjukkan bahwa Huawei telah siap meluncurkan mobil otonom dalam waktu dekat ini. Pengujian ini hanya menunjukkan bagaimana mobil dengan bantuan sistem AI dapat menghindar (tidak menabrak) objek yang menghalangi di jalan.

Pada kondisi jalan raya sesungguhnya, akan jauh lebih banyak faktor (situasi dan kondisi) yang harus ‘dimengerti’ oleh AI secara real time. Sistem AI dengan sensor, komputasi, data, dan aspek pendukung lain yang mumpuni tentu saja akan dapat menjawab tantangan.

Huawei mungkin ingin menunjukkan, jika Kirin 970 yang dirilis tahun lalu saja sudah punya kemampuan AI yang cukup cerdas mengenal beragam objek, chip Kirin mendatang akan menawarkan kemampuan AI yang jauh lebih cerdas, baik dalam machine learning (ML) hingga ke deep learning (teknik untuk implementasi ML).

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES