January 23, 2018

Bisnis TSMC Makin Moncer Lantaran Pesanan Chip GPU dan ASIC untuk Mining

Penulis: Iwan RS | Editor: Iwan RS
Bisnis TSMC Makin Moncer Lantaran Pesanan Chip GPU dan ASIC untuk Mining  

Mobitekno – Aktivitas penambangan (mining) cryptocurrency semakin menjadi perhatian berbagai pihak. Bukan hanya para enthusiast, mining juga telah digarap secara serius dan profesional oleh para pebisnis sejalan dengan tren cryptocurrency beberapa tahun ini.

Tingginya aktivitas mining diketahui juga membawa dampak terhadap rantai pasokan chip. Seperti yang baru-baru ini terjadi pada naiknya harga retail graphics card akibat melonjaknya permintaan GPU (graphics card) untuk melakukan mining.

Salah satu yang terkena dampaknya adalah para gamer yang mengeluhkan rendahnya ketersedian (stock) graphics card di pasaran yang berbuntut tingginya harga produk tersebut di retail channel.

Nvidia sebagai produsen GPU sudah mengajak peritel PC hardware agar lebih memproritaskan pesanan graphics card yang berasal dari konsumen atau pengguna PC (gamer) langsung ketimbang para penambang (cryptocurrency miner). Mengingat Nvidia hanya sebatas memberikan imbauan tanpa kontrol langsung, efektivitasnya ke penurunan harga belum dapat diketahui pasti.

Belum berhenti soal gonjang ganjing harga GPU, fenomena bisnis mining cryptocurrency kembali berlanjut. Bitmain, salah satu desainer chip ASIC populer (AntMiner S9) diketahui telah memesan langsung chip-nya untuk dibuat oleh pabrikan TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) menggunakan teknologi proses terbaru.

Menurut tweet dari ARKInvest, TSMC yang juga membuat chip GPU untuk Nvidia telah menerima kontrak pemesanan 20 ribu wafer 16 nm dalam satu bulan! Ini berarti meningkat dua kali lipat dari kuartal sebelumnya dan lebih besar dari pesanan NVIDIA ke TSMC untuk membuat chip GPU.

Menurut kalkulasi Hardware.Info, jumlah maksimum 5.670 chip dapat diperoleh dari setiap silicon wafer. Atau sederhananya, satu wafer digunakan untuk merakit 30 unit sistem mining S9 (mining rig S9). Ini berarti, ada sekitar 600 ribu unit sistem mining yang dapat dibuat per bulannya.

Meskipun produksi chip cryptocurrency baru menyumbang sekitar 4-5 persen dari total pendapatan TSMC, nilainya terbilang cukup besar yaitu sekitar US$ 350 juta hingga US$ 400 juta hanya dalam satu kuartal (kuartal ketiga).

Meski bisnis chip TSMC makin moncer dengan adanya tren cryptocurrency (blockchain), pabrikan chip asal Taiwan juga berharap produksi chip masih terus meningkat dengan makin berkembangnya teknologi Artificial Intelligence/machine learning.

Tags: , , , , ,


COMMENTS