October 22, 2018

Plantronics BackBeat FIT 305: Wireless Earphone yang Fleksibel dan Nyaman Digunakan

Penulis: Desmal Andi
Plantronics BackBeat FIT 305: Wireless Earphone yang Fleksibel dan Nyaman Digunakan  

Mobitekno – Perangkat pembantu untuk mendengarkan musik dan audio lainnya, yaitu earphone, kini menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan orang secara mobile. Musik seringkali bisa menambah semangat kerja bagi banyak orang. Oleh sebab itu, earphone pun menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari banyak orang untuk era digital seperti sekarang ini.

Namun, berkembangnya teknologi audio juga turut mendorong inovasi para pembuat earphone dalam membuat produk yang mudah digunakan. Salah satunya seperti yang dihadirkan oleh Plantronics melalui Plantronics BackBeat FIT 305 yang tampil mungil dan ringan.

Membawa teknologi nirkabel, Plantronics BackBeat FIT 305 tentunya dapat menambah rasa nyama saat digunakan. Pengguna tidak lagi direpotkan oleh kabel yang melintang dan kadang justru merepotkan penggunanya saat sedang mendengarkan musik atau audio.

 

Kelengkapan

Plantronics BackBeat FIT 305 ini hadir dalam sebuah kemasan yang cukup ringkas. Dari kemasannya sudah terlihat jelas bentuk dari earphone ini dan beberapa fitur yang didukungnya. Saat kemasan ini dibuka, berikut ini isi lengkapnya:

  • Satu unit earphone Plantronics BackBeat FIT 305
  • Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  • Kabel micro USB untuk proses pengisian daya
  • Satu pouch berbahan kain yang halus untuk melindungi earphone
  • Eartips cadangan

KELENGKAPAN

 

Desain

Saat dibuka dari kemasannya, Plantronics BackBeat FIT 305 tampil dengan ukuran seperti kebanyakan earphone lainnya. Bentuknya cukup ringkas dan sederhana. Namun, seperti ciri khas pada produk Plantronics, BackBeat FIT 305 ini juga dilengkapi dengan pengaman pada bagian eartips untuk mengunci eartips sehingga posisinya kokoh di telinga. Earbud-nya yang langsung menempel pada lubang telinga sendiri didesain tahan air dan keringat sehingga aman untuk dibawa berolahraga maupun dalam keadaan hujan.

DESAIN

Di earphone bagian kanan, turun sedikit dari eartips, terdapat control unit untuk operasional earphone. Di sini, pengguna bisa mematikan dan menyalakan earphone, melakukan pairing, indikator baterai, serta mengatur volume suara. Control unit ini cukup mudah dijangkau oleh tangan.

CONTROL UNIT

Untuk kabelnya sendiri panjangnya tidak lebih dari 60 cm. Kabelnya dilapis oleh bahan kain yang lentur sehingga fleksibel saat kabel tersebut digulung serta tidak mudah kusut. Kabel bagian atas antara control unit dan eartips kiri memiliki warna yang berbeda yaitu hijau. Hal ini membuat penampilan BackBeat FIT 305 lebih terlihat sporty.

Satu hal yang menarik, selain control unit, di tengah kabel terdapat juga klip penjepit yang dapat digeser sesuai keinginan pengguna. Klip ini tentunya sangat berguna saat earphone digunakan. Melalui klip ini, kabel dapat dijepit di bagian baju atau kerah pakaian agar earphone tidak mudah lepas.

KLIP

 

Fitur dan Performa

Sekarang bagaimana dengan fiturnya? Sudah jelas, earphone ini membawa teknologi nirkebel melalui Bluetooth 4.1. Teknologi ini membuat penggunaan earphone menjadi lebih nyaman saat menemani aktivitas penggunanya.

Fitur lainnya adalah lapisan coating dengaan standar IPX5 pada bagian earbud yang membuat earphone ini memilikiproteksi yang lebih bagus dari cipratan air atau tetesan keringat saat diajak berolahraga. Erphone ini juga dilengkapi dengaan mikrofon yang cukup sensitif untuk melakukan telpon atau menggunakan voice command untuk menjalankan sebuah layanan.

FITUR

Untuk baterainya sendiri mampu bertahan hingga 6 jam dalam satu kali proses pengisian daya. Durasi ini tentunya dapat membuat aktivitas mendengarkan musik menjadi lebih nyaman tanpa harus khawatir baterai habis di tengah aktivitas.

Untuk penggunaan di smartphone, anda juga bisa menggunakan sebuah aplikasi khusus dari Plantronics dengan nama Plantronics Hub. Aplikasi ini bisa di-download gratis. Pilihlah Plantronics BackBeat 300 series dalam menu yang tertera di dalamnya. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapat banyak informasi di dalamnya. Aplikasi ini seperti buku panduan digital yang sangat lengkap mengenai produk Plantronics yang Anda miliki. Bahkan, di aplikai ini Anda dapat mengetahui berapa jam lagi earphone bisa bertahan sampai baterai benar-benar habis.

PLT 1

Di aplikasi PLT Hub ini, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Find My Headset. Fitur ini dapat menemukan earphone Anda jika lupa meletakkannya. Ada tiga pilihan suara yang bisa dipilih untuk menandakan keberadaan earphone. Namun syarat untuk menggunakan fitur ini, koneksi Bluetooth tetap harus dalam posisi aktif.

PLT 2

 

Performa

Agar bisa digunakan, proses pairing harus dilakukan terlebih dahulu dengan perangkat pemutar musik atau smartphone yang sudah mendukung Bluetooth. Proses pairing cukup mudah dan cepat, hanya menekan tombol power pada control unit selama beberapa detik sampai lampu indikator berkedip biru dan merah dengan cepat dan terdengar suara “pairing” dari dalam earphone.

PAIRING

Untuk kualitas suara, BackBeat FIT 305 mampu menghasilkan suara yang bagus. Dentuman bass pada musik yang diputar bisa didengar cukup jelas. Suara yang dihasilkan juga cukup jernih, tidak ada gangguan-gangguan yang menyertainya. Earbudnya juga mampu meredam suara luar dengan cukup baik sehingga bisa bisa dikatakan cukup kedap dari gangguan suara di luar.

Menariknya, Plantronics BackBeat FIT 305 ini juga bisa dikoneksikan dengan layanan voice command seperti Siri di iPhone, Google Now di Android, atau Cortana di sistem operasi Windows. Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol center pada control unit sampai terdengar bunyi “bip” dua kali. Selanjutnya, Anda bisa menanyakan sesuatu seperti cuaca, transportasi, atau hal lainnya. Jawaban akan muncul dengan mendengarkannya di earphone atai melihatnya di smartphone.

 

Spesifikasi

SPESIFIKASI

Dengan kualitas suara yang baik dan dilengkapi fitur yang beragam, Plantronics BackBeat FIT 305 memang dapat digunakan dengan nyaman untuk menemani pemiliknya beraktivitas. Namun, untuk mengetahui spesifikasinya dengan lebih detail, berikut ini Mobitekno sampaikan dalam sebuah tabel.

Bluetooth®

 Bluetooth 4.1, HFP 1.6, HSP 1.2, A2DP v1.2, AVRCP v1.4
Waktu untuk mendengarkan musik
 hingga 6 jam
Waktu bicara
 hingga 6 jam
Waktu standby
 hingga 6 jam
DeepSleep
 hingga 6 bulan
Ukuran driver

 6 mm

Frequency response
 20 Hz – 20 kHz
Impedance
 16 ohm
Berat
 14 gram
Durasi Charge (zero battery to full)
 Kurang dari dua jam

 

Kesimpulan

KESIMPULAN

Plantronics BackBeat FIT 305 menjadi salah satu teman yang bisa diandalkan untuk menemani pemiliknya dalam mendengarkan musik favoritnya di tengah aktivitas yang sedang dijalankannya. Tidak hanya sebagai teman yang baik, kualitas suara yang dihasilkan juga membuat musik nyaman didengar, sesuai dengan kualitass sumber audio.

 

Untuk sisi pengoperasian, Plantronics BackBeat FIT 305 juga sangat mudah digunakan. Proses pairingnya cukup cepat dan bisa dikoneksikan dalam dua device. Control unit yang ada di tengah kabel sangat membantu untuk pengoperasiannya. Tombol-tombol yang ada begitu mudah diakses dan responnya cukup cepat.

Sementara dari sisi fitur, earphone ini memberikn kelebihan lain selain mendengarkan musik. Jika dikoneksikan dengan smartphone dan internet, Anda bisa menggunakan Google Now, Siri, atau Cortana untuk menanyakan berbagai hal yang ingin diketahui. Cukup inovatif.

Earphone yang berharga Rp 1.199.000 ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu Dark Blue, Black, Lime Green, dan Coral. Desainnya cukup sporty dan kualitas bahan pendukungnya berkualitas.

Tags: , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS