August 22, 2018

Kingston MicroSDHC Class 10 32GB: Memori Eksternal yang Pas Bagi Pengguna Media Sosial

Penulis: Desmal Andi
Kingston MicroSDHC Class 10 32GB: Memori Eksternal yang Pas Bagi Pengguna Media Sosial  

Mobitekno – Saat ini, kebutuhan storage untuk sebuah smartphone menjadi satu hal yang penting bagi sebagian orang. Semakin besarnya resolusi kamera, turut membuat ukuran foto pun semakin besar. Jika Anda termasuk orang yang gemar melakukan ativitas foto, kadangkala smartphone dengan storage besar sekalipun tidak mencukupi. Solusi yang banyak digunakan adalah menaruhnya di cloud. Namun,  bagi smartphone yang menyediakan slot memori tambahan, membeli sebuah memori eksternal menjadi salah satu solusinya.

Kingston, sudah lama dikenal sebagai perusahaan yang berkutat di dunia storage. Mulai dari hard disk hingga memori eksternal sebuah smartphone masuk dalam lini produknya. Salah satunya adalah Kingston MicroSDHC class 10 berkapasitas 32GB ini. Produk terbaru dari Kingston ini bahkan menyasar ke pengguna mobile yang merasa kekurangan dengan storage bawaan smartphone.

Adanya sebuah memori tambahan menjadi solusi jitu untuk masalah keterbatasan storage. Aktivitas sosial media yang begitu padat, ditambaah sering melakukan file sharing dengan ukuran file yang besar seperti video, membuat storage bawaan menjadi cepat sempit. Namun, untuk memilih sebuah micro SD pun harus dipikirkan dengan cermat karena ada begitu banyak jenis dan merek Micro SD di pasaran. Produk dari Kingston ini merupakan salah satu yang menawarkan kecepatan transfer file yang baik. Untuk lebih jelasnya, ikuti pembahasan Mobitekno berikut ini.

MICROSD

Kelengkapan

Seperti jenis memori eksternal lainnya dari berbagai brand, kemasan microSD ini cukup kecil. Kemasan berbentuk kertas melindungi kotak kecil dari bahan plastik yang berisi microSD. Setelah Anda membelinya, Anda akan mendapatkan:

  • Micro SD berkapasitas 32GB
  • Adapter to SD untuk membuat microSD menjadi berukuran SD sehinga memudahkan untuk proses transfer file baik di PC maupun notebook.

Kelengkapan (Large)

 

Performa

Sama seperti micro SD lainnya, Kingston MicroSDHC class 10 berkapasitas 32GB ini memiliki warna hitam dengan informasi brand di bagian depannya. Informasi yang sama juga ada pada adapter SD-nya. Yang menarik, MicroSDHC diinformasikan buatan Taiwan, tetapi adapternya buatan China. Oke, kita tidak mempermasalahkan hal tersebut.

ADAPTER

Dari website resminya, Kingston MicroSDHC Class 10 berkapasitas 32GB ini memang didesain untuk penggunaan mobile pada perangkat smartphone dan tablet. Oleh sebab itu, Mobitekno menggunakan dua perangkat smartphone terbaru untuk mengujinya. Smartphone pertama adalah Asus ZenFone Max Pro M1 varian 4GB+64GB. Sementara smartphone kedua adalah Vivo V9 varian RAM 6GB. Menurut Kingston, kecepatan minimal yang bisa didapat memory card ini adalah 10MB/detik. Apakah benar demikian?

SIM

Mobitekno menggunakan dua aplikasi untuk mengujinya, yaitu A1 SD Bench dan SD Card Test. Pengujian dilakukan dengan memasukkan MicroSDHC ke dalam slot SIM card di setiap smartphone. Hasilnya bisa dilihat sebagai berikut:

 

ASUS ZenFone Max Pro M1
Write
Read
Test 1
30MB/s
56MB/s
Test 2
29MB/s
56MB/s
Test 3
29MB/s
56MB/s

ASUS

 

 

Vivo V9 versi 6GB
Write
Read
Test 1
28MB/s
31MB/s
Test 2
27MB/s
31MB/s
Test 3
27MB/s
31MB/s

 

VIVO

Dari dua aplikasi tersebut, didapat hasil tes baca dan tulis yang cukup cepat. Semuanya di atas 10MB/detik. Jadi, klaim dari pihak Kingston memang benar kenyataannya.

Spesifikasi

Kingston MicroSDHC 32GB class 10 ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Kapasitas

32Gb

Kecepatan

Transfer data minimum 10MB/detik

Dimensi

11mm x 32mm x 2.1mm

Dimensi dengan Adapter SD

24mm x 32mm x 2.1mm

Suhu Operasi

-25 – 85 derajat celcius

Suhu Penyimoanan

-40 – 85 deraajat celcius

Garansi

1 tahun

Kesimpulan

Kebutuhan akan sebuah perangkat storage bagi smartphone memang menjadi salah satu hal penting bagi pengguna yang selalu sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari. Selain itu, semakin banyaknya orang yang bermedia sosial, menimbulkan transfer antar-file menjadi bertambah jumlahnya. Bagi yang memiliki storage besar saja terkadang masih merasa kurang jika jumlah file sudah terlalu banyak. Apalagi jika storage bawaan smartphone berukuran kecil.

MicroSDHC dari Kingston ini merupakan salah satu jawaban dari masalah tersebut. Dengan kecepatan yang ditawarkan minilam 10MB/detik, tentunya bukan halangan lagi saat ingin memindahkan file-file berukuran besar dari atau ke MicroSDHC ini.

Dengan demikian, Kingston MicroSDHC Class 10 berkapasitas 32GB ini akan memudahkan pengguna smartphone dalam memperluas ruang penyimpanan filenya. Selain itu, kecepatannya yang kencang dapat memindahkan file besar dengan lebih cepat, seperti untuk file video HD atau foto beresolusi tinggi. Proses pemindahan data pun menjadi lebih mudah karena disediakan adapter berukuran SD.

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS