April 22, 2018

Huawei Ingin Ciptakan Asisten Virtual dengan Kemampuan Membaca Emosi Pengguna

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
Huawei Ingin Ciptakan Asisten Virtual dengan Kemampuan Membaca Emosi Pengguna  

Mobitekno – Apple berhasil menciptakan Siri, Microsoft berhasil menciptakan Cortana, Amazon berhasil menciptakan Alexa, dan Google berhasil menciptakan Google Assistant. Semua itu adalah virtual asisten yang kini banyak membantu para pengguna perangkat gadget dan mereka bekerja layaknya robot yang mampu menyajikan beragam informasi sesuai permintaan.

Kabar terbaru, Huawei pun kepincut untuk menciptakan virtual asisten yang diklaim lebih pintar. Sebab, virtual asisten racikan Huawei ini nantinya akan disisipkan kemampuan artificial intelligent alias AI yang membantu pengguna bisa berinteraksi pada tingkat emosional. Huawei sendiri sudah mengembangkan virtual asisten ini di Cina sejak tahun 2013 lalu.

Terkait dengan hal itu, lembaga survey Gartner pada awal tahun ini pernah berkelakar bahwa emosi AI akan dapat menggunakan analisis untuk mendeteksi suasana hati seseorang dan merespon dengan jawaban yang lebih personal. Namun, pengembangan virtual asisten seperti ini butuh waktu dan Gartner memperkirakan baru akan muncul pada tahun 2022.

Lebih jauh, Gartner juga menegaskan bahwa asisten virtaul dengan kemampuan membaca emosi sangat berguna bagi industri otomotif dan kesehatan. Kendaraan yang dilengkapi dengan asisten virtual seperti ini dapat mengetahui secara langsung kondisi fisik pengemudi. Dengan begitu, perjalanan dengan pengemudi yang tidak sedang dalam kondisi lelah akan lebih aman.

Sementara untuk industri kesehatan, asisten virtual dengan emosi AI dapat memantau kesehatan mental seseorang selama 24 jam penuh. Jika terjadi masalah, sistem bisa secara otomatis memberi peringatan kepada orang lain untuk segera memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mengalami gangguan kesehatan tersebut.

Soal implementasi AI pun Huawei dianggap berhasil untuk mengadopsi teknologi tersebut ke dalam chipset buatannya, yakni Kirin 970. Seperti kita ketahui bersama, Kirin 970 merupakan chipset buatan Huawei yang di dalamnya sudah dibekali dengan kemampuan artificial intelligent dan mereka menyebutnya Neural Processing Unit.

Saat ini, P20 dan P20 Pro adalah dua smartphone besutan Huawei yang di dalamnya sudah dibekali Kirin 970. Kemampuan AI yang ada di dalam smartphone ini lebih menitikberakan pada dukungan kamera yang disematkan. Kita pun bisa melihat, bagaimana Huawei mampu meracik tiga kamera utama yang ada pada P20 Pro mampu menciptakan foto dengan hasil yang baik.

Tags: , ,

  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS
OTHER ARTICLES