April 22, 2018

Beginilah Apple Ajak Penggunanya Peringati Hari Bumi

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
Beginilah Apple Ajak Penggunanya Peringati Hari Bumi  

Mobitekno – Dalam rangka memperingati Hari Bumi, Apple membuat kejutan. Perusahaan yang berada di bawah kendali Tim Cook ini merilis sebuah program donasi yang diberi nama “Earth Day Apple GiveBack”. Lalu, seperti apa program ini?

Ya! Lewat program ini, Apple mengajak para konsumennya untuk mengembalikan iPhone lawasanya yang nantinya bisa ditukar dengan kredit dalam bentuk kartu hadiah dan bisa digunakan untuk pembelian perangkat baru di Apple Store.

Ajakan ini sendiri akan digelar hingga 30 April 2018 dan selanjutnya, iPhone lawas milik pengguna yang diberikan ke Apple akan dilucuti. Program ini juga akan memberikan donasi kepada Conservation International untuk setiap iPhone yang diterima oleh Apple.

Bersamaan dengan program ini, Apple juga memperkenalkan robot terbarunya, yakni Daisy. Dan robot inilah yang akan melucuti semua iPhone lawas dari pengguna yang diserahkan ke Apple dalam program Earth Day Apple GiveBack ini.

Daisy sendiri dibuat oleh Apple dari beberapa bagian robot sebelumnya yang bernama Liam. Robot Daisy diharapkan bisa bekerja lebih baik dari Liam untuk melucuti sembilan model iPhone yang berbeda dengan kecepatan 200 iPhone per jam.

Dengan begitu, Daisy diharapkan bisa benar-benar membantu Apple untuk mendaur ulang komponen dan memisahkan komponen-komponen yang masih bisa dimanfaatkan. Ya! Beginilah Apple mengajak pengguna setianya untuk merawat dan mencintai Bumi.

Dalam rangka Hari Bumi ini, Apple juga merilis Environmental Report 2018 dan lewat laporan ini, Apple ingin menegaskan bahwa mereka telah berhasil membuat kemajuan di beberapa bidang, terutama terkait dengan energi terbarukan.

Dalam laporan tersebut, Apple juga mengklaim bahwa mereka telah berhasil mengurangi penggunaan karbon dari 29,5 juta metrik ton pada tahun 2016 menjadi 27,5 metrik ton pada tahun lalu.

Selain itu, Apple juga telah meningkatkan tiga kali lipat konsumsi daya sejak 2011 lalu. Hasilnya, emisi selama periode yang sama telah menurun hingga 54%. Begitu juga jumlah emisi yang dihasilkan selama pembuatan setiap produk telah menurun 34% dari 2011 ke 2018.

Tags: , , ,


COMMENTS