January 22, 2018

Review Acer Swift 3 (SF314-52G): Swift 3 Generasi Kedua Nan Makin Bertenaga

Penulis: Hiro | Editor: Eko Lannueardy

Spesifikasi

Notebook Acer Swift 3 (SF314-52G) ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Prosesor/CPU  Intel Core i7-8550U quad core (base 1,8 GHz turbo 4,0 GHz)
RAM/Memori  8 GB DDR3-1866 MHz (dual channel)
Grafis  Intel HD Graphics 620 1 GB + GeForce MX150 2 GB GDDR5
Layar  14 inci, IPS (1920 x 1080 pixels)
Media Storage  256 GB SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 x4
Konektivitas  Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, USB 3.0 (2), USB 3.0 type-C, audio,   HDMI, USB 2.0, card reader
Baterai  Lithium ion 4-cell 49,5 Wh
Sistem Operasi  Window 10 Home Single Language
Dimensi  338,1 x 233,9 x 18 mm
Berat  1,7 kg
Lain-lain  Fingerprint reader dan dukung Windows Hello, layar dengan lapisan Gorilla   Glass, web camera 720p, multi-touch touchpad, sertifikasi Skype for Business

Sebagai notebook yang menitik beratkan performa dengan penggunaan daya baterai yang hemat, prosesornya menggunakan seri U (Intel Core i7-8550U) berbasis empat inti (quad-core) yang memiliki TDP 15 watt. Ini menarik mengingat prosesor generasi sebelumnya, Kaby Lake masih berbasis dual-core.

Jelas, peningkatan ini membuatnya mampu menghadirkan performa terdepan sebagai penunjang aktivitas komputasi yang sangat beragam. Selain itu, Intel Core i7-8550U sudah memiilki base clock 1,8 GHz dan bisa meningkat hingga 4,0 GHz saat Turbo Boost diaktifkan.

Untuk kebutuhan multitasking yang lebih kencang, kapasitas memori RAM tersedia sebesar 8 GB. Dengan mode dual kanal, kapasitas ini sudah cukup untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Hanya saja bagi yang ingin melakukan upgrade, hal ini tidak bisa dilakukan. Pasalnya, RAM pada Swift 3 ini tertanam dan tidak bisa ditambah lagi.

Hal menarik lainnya, prosesor yang digunakan telah memiliki grafis terintegrasi. Sangat terasa sudah lebih dari cukup untuk menjalankan aktivitas yang lebih ringan dan lebih hemat daya. Mengadopsi chip Intel HD Graphics 620 yang memiliki kapasitas memori 1 GB meminjam memori RAM, ini mirip dengan yang digunakan oleh prosesor generasi sebelumnya.

Tidak hanya itu, untuk menunjang aplikasi grafis yang lebih berat juga telah disertakan pula chip grafis tambahan menggunakan GeForce MX150 2 GB GDDR5. Jika melihat spesifikasinya, GeForce MX150 ini bisa diposisikan sebagai pengganti seri GT 940MX yang terdiri atas 384 CUDA Cores, 32 Texture Units, dan 16 ROP Unit.

Agar kinerja makin gesit, Swift 3 tidak menyertakan media hard disk drive (HDD) dan hanya menggunakan solid state drive (SSD). Seperti diketahui bahwa SSD memiliki beberapa keunggulan dibandingkan HDD, seperti kinerja lebih cepat serta konsumsi daya lebih rendah. Meski kapasitas yang tersedia tidak sebesar HDD dengan alasan harga yang masih tinggi.

Layar menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya berkat penggunaan panel IPS dengan resolusi Full HD. Ini yang membuatnya cukup nyaman saat digunakan untuk menyaksikan tayangan video dengan resolusi tinggi. Apalagi dengan viewing angle yang lebih luas dibanding layar TN, membuatnya tetap nyaman saat dilihat dari sisi kiri atau kanan.

Kekurangannya, tanpa fitur anti-glare, tampilannya cukup mengganggu jika terdapat banyak pantulan lampu atau cahaya yang menyilaukan. Satu hal yang tak kalah menarik, meskipun tidak berbasis layar sentuh, layarnya sudah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass besutan Corning. Jelas, ini akan membuatnya lebih tahan terhadap segala goresan.

Tags: , , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS