September 21, 2018

Hanya untuk Fotografer Pro, Canon Hadirkan Kamera Mirrorless Full Frame EOS R dan Lensa RF

Penulis: Rizki Romdoni
Hanya untuk Fotografer Pro, Canon Hadirkan Kamera Mirrorless Full Frame EOS R dan Lensa RF  

Mobitekno – Usai resmi diperkenalkan awal bulan ini, PT Datascrip sebagai distributor tunggal Canon, akhirnya menghadirkan sistem baru EOS R, kamera mirrorless full frame dengan mounting lensa RF di Indonesia. Yang membuat penasaran sejumlah pihak, mengapa Canon baru sekarang menghadirkan EOS R, padahal mereka sudah terjun di pasar mirrorless sejak tahun 2012. Lalu, bagaimana nasib sistem EOS M?

Sebelum menjawab kegelisahan tersebut, Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun, menyatakan bahwa kamera ini merupakan salah satu produk yang dinanti-nantikan publik, khususnya para fotografer profesional. “Fotografer profesional itu membutuhkan perangkat yang mumpuni, karenanya EOS R berharap dapat berkontribusi terhadap karya fotografer untuk tampil di kancah internasional,” tuturnya saat peluncuran EOS R di Jakarta, Selasa (18/9).

Canon EOS R dibekali dengan sensor CMOS 30,3 MP dan prosesor gambar DIGIC 8. Bersamaan dengan peluncuran kamera ini, Canon juga turut memperkenalkan empat seri lensa terbaru RF.

Adapun lensa RF tersebut adalah RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, dan RF 35mm f/1.8 IS SM. Lensa ini juga didukung dengan tiga jenis adaptor yang kompatibel untuk penggunaan lensa EF.

Selain itu, kamera ini memiliki rentang ISO yang lebar, ISO 100-400.000, dan juga sudah didukung dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF untuk pencarian fokus yang lebih cepat.

Terkait jawaban atas kegelisahan penggemar setia Canon, Sintra Wong selaku Canon Image Communication Product Division manager PT Datascrip, menanggapi dengan santai. Ia mengatakan, “Karena kita melihat untuk para pengguna yang menginginkan kualitas foto maupun video full frame, mereka hanya bisa ke DSLR Canon atau kalau yang ingin lebih ringan pilihannya ke kompetitor kita ini. Karena sebelumnya, kita tidak bisa menjawab kebutuhan tersebut.”

“Kita juga melihat, para pengguna body dari merek lain itu – mereka sebenarnya masih sangat bergantung pada lensa-lensa EF-nya Canon. Oleh karena itu, kami menghadirkan sistem baru EOS R. Jadi, para pengguna DSLR Canon menginginkan kamera yang lebih ringan tetapi memiliki kualitas yang prima dengan sensor full frame tidak perlu pergi ke merek lain. Lensa EF Canon juga tentunya akan bekerja lebih optimal di EOS R.” tambahnya

Canon EOS R juga memiliki jendela electronic viewfinder (EVF) OLED hingga 3,69 juta titik. Sementara di bagian atasnya terdapat tombol pengaturan multifungsi berbasis sentuh-geser. Urusan perekaman video, kamera ini dapat merekam dalam UHD 4K pada 30p/25p. Fitur Canon Log juga disertakan dalam kamera ini membantu pengaturan kontras, detail, dan warna selama proses pascaproduksi.

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan lewat ring lensa RF, tanpa perlu melihat EVF lagi. Selain itu, EOS R juga merupakan kamera Canon pertama dengan fitur mode FV untuk pengaturan kecepatan rana, aperture, dan ISO secara fleksibel.

Canon bahkan menyertakan teknologi Digital Lens Optimizer untuk menyempurnakan hasil bidikan dengan koreksi difraction, aberration, dan peripheral illumination. Turut disertakan pula teknologi Dual Pixel RAW di kamera ini.

Rencananya, kamera ini dilepas untuk pasar Indonesia dengan harga Rp 39.999.000 (body only), sedangkan Canon EOS R yang dibundel dengan lensa RF 24-105mm f/4L IS USM dibanderol Rp 59.999.000.

Tags: , , , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS