April 21, 2018

SoftBank Kucurkan Dana Seri B Untuk Modalku Sebesar US$ 25 Juta

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
SoftBank Kucurkan Dana Seri B Untuk Modalku Sebesar US$ 25 Juta  

Mobitekno – Setelah sebelumnya mendapat suntikan dana dari para investor terdahulu, kini Modalku dan Funding Societies, bagian dari Funding Asia Group, selaku platform peer-to-peer ( P2P) lending terbesar di Asia Tenggara, berhasil meraih Pendanaan Seri B sebesar USD 25juta (atau hampir 350 miliar rupiah). Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Ventures Korea.

Ini adalah pendanaan seri B terbesar yang pernah diraih suatu platform P2P lending dari Asia Tenggara. Dana tersebut akan digunakan untuk merealisasikan visi Modalku ikut menciptakan inklusi keuangan di Asia Tenggara. Modalku memperoleh komitmen penyaluran kredit dari bank dan institusi keuangan untuk memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ronde pendanaan ini juga diisi dengan partisipasi dari investor-investor terdahulu yaitu Sequoia India, Alpha JWC Ventures dari Indonesia, serta Golden Gates Ventures. Selain itu, LINE Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital juga turut berinvestasi di ronde ini

SoftBank Ventures Korea, sebagai perusahaan modal ventura tahap awal yang merupakan bagian dari SoftBank Group, adalah merupakan investor utama  dalam pendanaan  tersebut .

Menurut  Sean Lee, Partner dan Managing Director SoftBank Ventures Korea, SoftBank Ventures Korea telah aktif berinvestasi di Asia Tenggara. “Kami melihat potensi besar bagi pinjaman digital untuk UKM di wilayah ini. Di antara banyak pemain, Modalku adalah perusahaan yang paling mengesankan bagi kami, terutama karena semua prestasi yang mereka raih dalam waktu singkat. Kami juga melihat potensi mereka untuk terus menjadi nomor 1,” ujar  Sean Lee, di Jakarta, Rabu (18/04/2018).

Sementara itu menurut Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku, pendanaan tersebut akan digunakan untuk menciptakan produk inovatif serta membangun user experience kelas dunia bagi pelanggan Modalku.

“Ini adalah masa yang sungguh menarik bagi P2P lending di Asia Tenggara, dan Modalku memimpin perubahan yang terjadi melalui akses modal usaha yang cepat, terjangkau, dan praktis bagi UKM lokal. Dukungan dari investor ternama menjadi validasi bagi model bisnis dan dampak yang kami ciptakan, “ ujar Reynold saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/04/2018)

Lebih jauh Reynold mengungkapkan bahwa Modalku akan  berfokus terhadap teknologi dan desain untuk melayani peminjam dan pemberi pinjaman telah membuahkan berbagai prestasi.

Modalku menjadi platform pertama di Asia Tenggara yang memperkenalkan tanda tangan elektronik untuk kontrak, algoritme pendanaan otomatis bagi pemberi pinjaman, serta meluncurkan aplikasi mobile bagi peminjam dan pemberi pinjaman.

Sekedar untuk diketahui  bahwa SoftBank Group sendiri adalah  perusahaan yang dikenal dengan VisionFund USD 100 miliar,  mereka adalah investor bagi penyedia kredit alternatif seperti SoFi dan Kabbage di Amerika Serikat. Grup ini juga menjadi investor bagi startup ternama seperti Grab dan Tokopedia di Asia Tenggara.

Modalku 2

Modalku menghadirkan platform peminjaman uang secara digital

Tags: , , ,


COMMENTS