April 21, 2018

Mi 7 Akan Jadi Smartphone Android Pertama yang Mengadopsi Pemindaian Wajah 3D?

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
Mi 7 Akan Jadi Smartphone Android Pertama yang Mengadopsi Pemindaian Wajah 3D?  

Mobitekno – Sebuah laporan terbaru yang belum lama ini beredar di internet menyebutkan bahwa smartphone berbasis Android pertama yang bakal mengadopsi teknologi pemindaian wajah 3D akan muncul pada kuartal ketiga 2018. Jika itu benar, artinya perangkat ini akan bisa kita lihat pada bulan Juli 2018.

Sayangnya, ada kabar buruk yang menyebutkan bahwa penyedia penginderaan 3D ini mengalami kendala sehingga besar kemungkinan akan ada penundaan implementasi teknologi tersebut ke dalam perangkat Android. Permasalah terjadi karena sulitnya mengintegrasikan hardware dan software yang dibutuhkan untuk membuat teknologi tersebut bisa bekerja.

Sedikit informasi untuk Anda, sistem pemetaan wajah 3D sebenarnya sudah lebih dulu diadopsi oleh Apple berkat bantuan TrueDepth Camera yang ada pada iPhone X. Di duga kuat, sistem pemindaian wajah 3D di Android tidak akan berbeda jauh dengan yang sudah lebih dulu dikembangkan oleh Apple.

Dengan pemetaan wajah secara 3D, pengguna perangkat tak perlu repot-repot untuk melepas topi atau kaca mata yang dikenakan. Pasalnya, teknologi ini tetap bisa memindai wajah secara optimal, termasuk jika ada perubahan bentuk potongan rambut. Sudah barang tentu, teknologi ini lebih maju dibandingkan pemindaian wajah biasa.

Kembali ke persoalan kendala, modul hardware dan software yang sulit diintegrasikan memang dibuat oleh perusahaan patungan yang dijalankan oleh Qualcomm, Himax Technologies dan Truly Opto-electronics. Disebut-sebut, modul ini hanya bisa bekerja dengan chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 845.

Melihat hal itu, rasanya Samsung dan Huawei tidak dalam waktu dekat akan mengadopsi teknologi pemindai wajah 3D ini. Mengapa? Karena Samsung lebih suka menggunakan chipset Exynos dan Huawei lebih sering menggunakan Kirin. Keduanya adalah chipset yang dibuat oleh masing-masing pabrikan.

Bagaimana dengan pabrikan smartphone lainnya? Xiaomi diyakini akan mengadopsi teknologi ini ke dalam Mi 7. Berdasarkan beberapa bocoran yang muncul, smartphone unggulan Xiaomi ini memang akan dibekali dengan Snapdragon 845. Jika hal ini benar, Mi 7 akan jadi smartphone Android pertama yang datang dengan pemindaian teknologi 3D.

Namun jika mengacu dari laporan yang ada, artinya Mi 7 baru akan muncul pada kuartal ketiga. Akankah Xiaomi sabar untuk menunggu hal itu, atau akhirnya mereka menghadirkan Mi 7 tanpa dukungan pemindaian wajah 3D. Tentu saja ini sebuah pilihan yang harus diambil oleh Lei Jun dan tim R&D-nya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES