December 20, 2018

Google Lens Kini Mengenali Lebih Dari 1 Miliar Produk

Penulis: Rizki Romdoni
Google Lens Kini Mengenali Lebih Dari 1 Miliar Produk  

Mobitekno – Google Lens, artificial intelligent Google yang didukung oleh alat analisis kini dapat mengenali lebih dari 1 miliar produk dari portal perbandingan harga dan perbandingan miliki Google, yakni Google Shopping. Ini menjadi empat kali lipat jumlah objek Lens yang meliputi pada bulan Oktober 2017, ketika melakukan debutnya.

Aparna Chennapragada, Wakil Presiden Google Lens dan Augmented Reality di Google, mengungkapkan berita gembira di posting blog retrospektif tentang pencapaian Google Lens.

“Saya telah menghabiskan satu dekade terakhir memimpin tim yang membuat produk yang menggunakan AI untuk membantu orang-orang dalam kehidupan sehari-hari mereka, melalui Penelusuran, Asisten, dan sekarang Google Lens,” tulisnya. “Setiap momen, kami mengandalkan visi kami untuk memahami lingkungan kami, mengingat semua jenis informasi, dan menjelajahi dunia di sekitar kita … Saya melihat kamera membuka serangkaian peluang baru untuk penemuan dan bantuan informasi.”

Produk, dalam konteks ini, mengacu pada label produk. Google Lens memanfaatkan mesin optik pengenal karakter –dikombinasikan dengan sistem AI yang mengenali berbagai karakter, bahasa, dan font, ditambah bahasa dan model koreksi-ejaan yang dipinjam dari Google Penelusuran–untuk mencocokkan barcode, kode QR, nomor ISBN, dan pengenal alfanumerik lainnya daftar produk di katalog besar Belanja.

“Sekarang, gaya bahkan lebih sulit untuk dimasukkan ke dalam kata-kata. Itu sebabnya kami pikir dengan masukan visual dari kamera dapat menjadi kuat di sini … Lens dapat menunjukkan kepada Anda tentang informasi yang berguna seperti ulasan produk.” jelas Chennapragada.

Tentu saja, tidak semua algoritme visi komputer Google Lens dapat kenali.

Daftar yang telah berkembang mencakup furnitur, pakaian, buku, film, album musik, video game, landmark, tempat menarik, bangunan terkenal, nama jaringan dan kata sandi Wi-Fi, bunga, hewan peliharaan, video game, minuman, selebriti, dan banyak lagi.

Cara kerjanya, lensa membaca dan meminta Anda untuk mengambil tindakan dengan kata-kata dalam menu dan tanda. Selain itu, mungkin yang paling berguna dari semuanya pembaruan Google Lens dapat secara otomatis mengekstrak nomor telepon, tanggal, dan alamat dari kartu nama dan menambahkannya ke daftar kontak Anda.

Tags: , , ,

  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

COMMENTS