July 20, 2018

Cisco Systems Luncurkan Platform Webex Terbaru – Solusi Kolaborasi Multi-company

Penulis: Desmal Andi
Cisco Systems Luncurkan Platform Webex Terbaru – Solusi Kolaborasi Multi-company  

Mobitekno – Tren orang bekerja di era digital saat ini membutuhkan mobilitas yang sangat tinggi. Kini bekerja termasuk meeting dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun. Dengan teknologi kini bekerja tidak terikat lagi dengan lokasi dan ruangan fisik.
Perpaduan teknologi memainkan peran penting dalam interaksi dan kolaborasi manusia saat ini. Pembelajaran mesin (machine learning), AI (Artificial Intelligence), AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) telah diperkenalkan untuk membuat tempat kerja menjadi “digital workplace” yang sempurna.

Digital Workplace tidak hanya berkontribusi pada proses kerja agar dapat berjalan efektif tanpa hambatan, tetapi sepenuhnya menjadi jawaban dari gaya hidup para pekerja.

Menyikapi hal itu, Cisco Systems Indonesia melalui Cisco Collaboration Day 2018 yang diadakan di Jakarta merilis sebuah Platform Cisco Webex terbaru, sebuah platform kolaborasi yang memungkinkan para pengguna dapat melakukan pekerjaan bersama, meetting, video conference dan lainnya dari berbagai tempat atau lokasi dengan menggunakan device-nya masing-masing dalam suatu waktu bersamaan secara secure.

Melalui Webex, Cisco berusaha mewujudkan visinya dalam mewujudkan kolaborasi teknologi yang luar biasa dan tersedia untuk semua orang.

Webex merupakan platform terintegrasi Cisco yang memungkinkan pekerjaan dilakukan dari jarak jauh dan dari berbagai lokasi, misalnya rapat yang dilakukan tanpa perlu hadir semuanya secara fisik di ruangan.

“Transformasi tenaga kerja saat ini , bekerja bukan lagi masalah tempat, tapi apa yang dilakukan,” ujar Marina Kacaribu ,Country Managing Director Cisco System Indonesia, di Jakarta, Selasa (17/07/2018). Jadi menurut Marina, bekerja seperti rapat misalnya, tidak lagi harus direpotkan dengan masalah-masalah administrasi atau masalah teknis lainnya. Semuanya kini bisa dilakukan dengan teknologi. Kini pengguna cukup memberikan perintah kepada Webex dengan menyebutkan kata kunci, “OK Webex, join meeting” dan rapat bisa segera dimulai.

DSC_0106 (Large)

Marina Kacaribu ,Country Managing Director Cisco System Indonesia

Cisco Webex memiliki fitur Webex Calling, Webex Meeting dan Webex Teams. Platform Cisco Webex memiliki fitur unggulan video conference yang memungkinkan 25 pengguna mengikuti konferensi video dalam satu waktu. Webex juga mempunya fitur berbagi dokumen dan Whiteboard yang dapat digunakan untuk menulis , membuat coretan atau merevisi sebuah design secara mudah. Pengguna bisa merevisi dokumen dan langsung mengirimkannya melalui platform tersebut.

Dengan Platform Cisco Webex semua proses dan hasil rapat dapat terdokumentasikan baik secara tertulis maupun secara visual dan tersimpan sebagai file yang dapat dibuka dan dibagikan ke semua peserta rapat. “ Kini tidak perlu lagi ada notulen rapat, semua sudah terdokumentasikan dengan teknologi,” ujar Chandra Herawan, Senior Manager Collaboration Business Cisco System – Asia Region.

Selain itu dengan platform Cisco Webex, pengguna tidak harus menggunakan device tertentu. Pengguna boleh menggunakan device apa saja, smartphone, tablet atau pun PC Desktop. Bahkan menurut Marina, pengguna tidak perlu mengubah sistem yang digunakan masing-masing device tersebut.

Yang lebih pentimg lagi menurut Marina, ketika semua divece saling terhubung biasanya memiliki kendala soal securitinya. “Dengan menggunakan Cisco Webex, pengguna tidak perlu hawatir dengan sistem keamanannya, karena platform webex sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, “ tegas Marina.

Paltform ini juga menurut Marina, dilengkapi juga dengan teknologi AI, sehingga semua pengguna atau peserta rapat atau conference tersebut akan bisa terdeteksi melalalui fitur face recognation.

Dengan berbagai fitur dan teknologi Cisco Webex, pengguna korporasi akan dapat memberikan terobosan yang lebih besar bagi perusahaan, karena pekerjaan dapat dilakukan lebih produktif, efektif dan efisien.

 

Tags: , ,


COMMENTS