March 20, 2018

Final Imagine Cup 2018 Indonesia Hasilkan Tim Beehive Drones Untuk Mewakili Indonesia di Final APAC

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Final Imagine Cup 2018 Indonesia Hasilkan Tim Beehive Drones Untuk Mewakili Indonesia di Final APAC  

Mobitekno – Hasil Final Imagine Cup 2018 Indonesia yang digelar Microsoft Indonesia baru-baru ini menetapkan Tim Beehive Drones Agricultur dari University of Manchester sebagai pemenang Imagine Cup 2018 Indonesia. Dari 5 finalis, Beehive Drones telah berhasil membuktikan bahwa mereka memiliki code with a purpose melalui proyek mereka, Beehive Drones Agriculture, merupakan sistem drone yang koperatif dikembangkan dan dapat diakses melalui aplikasi mobile untuk membawa detail akurasi pertanian ke tangan petani di Indonesia.

Dari kelima finalis yang terdiri dari Tim Carepol dari Universitas Komputer Indonesia, Tim FishGator dari Universitas AMIKOM Yogyakarta, Tim Ratatouille dari Institut Teknologi Bandung, Tim Taleus dari Institut Teknologi Bandung, dan Tim Beehive Drones dari University of Manchester tersebut, semuanya menggunakan aplikasi teknologi mesin learning, teknologi AI dan aplikasi IOT.

Tim Beehive Drones akan mewakili Indonesia pada Imagine Cup 2018 Asia Pacific Finals, yang akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia untuk bersaing dengan 15 tim lainnya dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Korea, Nepal dan Sri Lanka memperebutkan tiket ke Imagine Cup World Finals 2018 yang diadakan di kantor pusat Microsoft di Seattle, Amerika Serikat pada bulan Juli mendatang. Pemenang Imagine Cup 2018 Indonesia mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp10.000.000 dan pemenang di World Finals akan mendapatkan hadiah uang tunai hingga $100.000.

“Kami sangat senang Beehive Drones Agriculture terpilih untuk mewakili anak pemuda Indonesia di babak Imagine Cup berikutnya. Visi kami untuk Beehive Drones Agriculture adalah sebagai solusi inovatif melalui menerapkan teknologi seperangkat drone berbasis Internet of Things (IoT) untuk memecahkan masalah peningkatan permintaan akan makanan dan kami tidak sabar untuk dapat menampilkan proyek kami kepada masyarakat luas bulan depan,” kata Hilton Tnunay perwakilan dari Tim Beehive Drones Agriculture yang berasal dari University of Manchester.

Sementara itu menurut Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager dan Commercial Software Engineering, Microsoft Indonesia, menungkapkan bahwa setiap tahunnya, pihaknya terus terkesan dengan inovasi yang dibawa para siswa ini ke dalam kompetisi. “Kami percaya pada potensi generasi muda Indonesia untuk menjadi generasi pengembang, inovator, dan wirausaha di masa depan. Tema Imagine Cup tahun ini, Code with Purpose, dimaksudkan untuk mendorong siswa untuk menciptakan inovasi perangkat lunak yang dapat mengubah dunia, dan kami telah melihat hal tersebut melalui proyek-proyek yang dipresentasikan hari ini,” ujar Irving, seusai acara presentasi para finalis di Jakarta, Kamis ( 15/03/2018).

Finalis

“Kami senang dapat melihat Beehive Drones bersaing di Asia Pacific Finals dan mudah-mudahan juga pada bulan Juli di World Finals di Amerika Serikat,” tambah Irving

Saat ini program Imagine Cup yang digelar oleh Microsoft tiap tahunnya sejak 2003 tersebut telah menarik lebih dari 1,7 juta partisipasi siswa dari 190 negara. Sampai saat ini, tim dari Indonesia telah mencetak dua juara dunia, Solite Studio pada tahun 2013 dan None Developer pada tahun 2016, dimana keduanya berasal dari Universitas Trunojoyo, dan juara di Asia Tenggara pada tahun 2017, yaitu CIMOL dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan aplikasi Hoax Analyzer mereka.

Tags: , ,


COMMENTS