February 20, 2018

Nokia dan Qualcomm Tuntaskan Uji Coba Jaringan dan Perangkat Berbasis 5G NR

Penulis: Desmal Andi
Nokia dan Qualcomm Tuntaskan Uji Coba Jaringan dan Perangkat Berbasis 5G NR  

Mobitekno –  Jaringan 5G siap digelar untuk koneksi yang lebih kencang. Bahkan, kabarnya jaringan 5G akan diterapkan mulai tahun 2019. Oleh sebab itu berbagai percobaaan pun dilakukan oleh para pemain jaringan 5G ini, seperti yang dilakukan Nokia dan Qualcomm. Kedua perusahaan ini bahkan telah menyelesaikan ujicoba perangkat dan jaringan 5G new Radio (NR) belum lama ini.

Sejak 2017 lalu, bertempat di Pusat Teknologi 5G milik Nokia di Finlandia, Nokia dan Qualcomm Technologies melakukan ujicoba interoperabilitas di spektrum 3,5 GHz dabb 28 GHz yang sesuai dengan standar 3GPP 5G NR Release 15 global. Ujicoba ini juga menggunakan base station Nokia AirScale dan prototipe perangkat dari Qualcom Technologies.
teknologi 5G NR.

“Beberapa uji coba yang dilakukan oleh Nokia dan Qualcomm Technologies penting demi kemajuan 5G. Yang terutama adalah uji coba-uji coba tersebut menunjukkan bagaimana kami telah secara cepat menerapkan spesifikasi 3GPP Release 15 yang ditetapkan pada bulan Desember, dengan menggunakan base station AirScale kami, yang telah digunakan oleh lebih dari 100 pelanggan, bersama dengan prototipe Qualcomm Technologies UE,” kata marc Rouanne, President of Mobile Networks Nokia. “Kini, kita dapat menantikan mulainya uji coba 5G NR over-the-air berbasis standar dengan para operator,” lanjut Marc.

Ujicoba yang dilakukan kedua perusahaan tersebut, kini menjadi standar ujicoba lapangan untuk jaringan 5G NR bersama operator di tahun 2018. Nokia, Qualcomm Technologies dan operator-operator* termasuk BT/EE, Deutsche Telekom, Elisa, KT, LGU+, DOCOMO NTT, Optus, SKT, Telia dan Vodafone Group telah berkomitmen untuk bekerja sama dalam memverifikasi dan menguji

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES