February 20, 2018

Facebook Uji Coba Fitur `Downvote`, Apa Fungsinya?

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Facebook Uji Coba Fitur `Downvote`, Apa Fungsinya?  

Mobitekno –  Facebook akhirnya menguji sebuah tombol yang mengakomodir pengguna untuk menunjukkan rasa ketidakpuasan mereka dan menyembunyikan komentar yang mereka anggap tidak pantas atau menyesatkan.

Perusahaan media sosial tersebut mengkonfirmasi pada Kamis lalu bahwa pihaknya menguji tombol “downvote” di antara sejumlah kecil pengguna perangkat Android di AS.

Selama bertahun-tahun, beberapa pengguna telah berkampanye untuk tombol “Dislike” untuk postingan tertentu yang berada di baris yang sama dengan tombol “Like”. Sejauh ini, Facebook menegaskan bahwa perangkat downvote baru tidak sama dengan tombol “Dislike”.

“Kami tidak menguji tombol `Dislike`. Kami mengeksplorasi fitur bagi orang-orang untuk memberi kami umpan balik tentang komentar di halaman publik. Ini berjalan untuk sekelompok kecil orang di AS saja, ” kata Facebook dikutip dari NYPost, Senin (12/2).

Tombol downvote tidak dimaksudkan untuk memberi umpan balik pada sebuah postingan, namun untuk melaporkan komentar tersebut sebagai tidak pantas, tidak sopan atau menyesatkan.

Facebook sebelumnya pernah bereksperimen dengan tombol “dislike”. Pada tahun 2015. Pendiri perusahaan dan Chief Executive Marc Zuckerberg mengatakan bahwa situs media sosial tersebut sedang mengerjakan fitur tersebut, namun gagasan tersebut kemudian dibatalkan dengan alasan bahwa hal itu akan “menabur terlalu banyak hal negatif” di platform.

Sebagai kompensasi, Facebook pada 2016 mengubah alat seperti itu untuk memasukkan emoticon yang sekarang banyak digunakan.

Tags: , , , ,


COMMENTS