February 20, 2018

Berkat SWIFT, Industri Perbankan Australia kini Menggunakan “Real Time Payment”

Penulis: Desmal Andi
Berkat SWIFT, Industri Perbankan Australia kini Menggunakan “Real Time Payment”  

Mobitekno –  Belum lama ini, publik New payment Platform (NPP) diluncurkan oleh Pemerintah Australia guna merevolusi cara pembayaran secara domestik. SWIFT yang turut membantu, merancang, dan menghadirkan NPP ini tentunya menyaambut baik adanya NPP untuk mempermudah sistem pembayaran secara domestik.

Oleh karena SWIFT ada di balik keberadaan NPP, tentunya SWIFT memainkan peranan penting dalam mengoperasikan infrastruktur untuk NPP ini. Arsitektur NPP dapat mengubaah industri perbankan sehinggaa dapat meningkatkan cara konsumen, perusaahaan, dan pemerintah untuk bertransaksi satu sama lain secara fundamental.

“Peluncuran NPP dan dimungkinkannya pembayaran secara real-time merupakan perkembangan yang paling signifikan di industri pembayaran Australia selama beberapa dekade terakhir, dan dapat memiliki dampak yang lebih revolusioner terhadap perekonomian dibandingkan inovasi sistem pembayaran lain sebelumnya,” kata Alain Raes, Chief Executive EMEA & APAC SWIFT. ““SWIFT telah mendukung evolusi sistem pembayaran di seluruh dunia selama lebih dari 40 tahun dan sangat bahagia dapat memainkan peranan penting dalam penciptaan dan peluncuran real-time payment di Australia. Penyampaian proyek yang berjalan mulus ini merupakan ukuran betapa baiknya kemitraan yang telah terjalin antara SWIFT dan industri di Australia sepanjang kolaborasi ini,” lanjut Alain Raes.

Beberapa fitur NPP yang dapat membantu pembayaran domestik secara real time ini diantaranya adalah:

  • Pembayaran instan 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan line-by-line settlement secara real time melalui Reserve Bank of Australia.
  • PayID, cara baru yang mudah untuk menghubungkan rekening bank dengan pengidentifikasi yang mudah diingat seperti nomor ponsel, alamat email atau ABN untuk bisnis.
  • Infrastruktur akses terbuka yang sungguh memberdayakan inovasi melalui persaingan.
  • Kerangka kerja layanan overlay yang akan meningkatkan layanan bagi konsumen, perusahaan dan pemerintah Australia.

“SWIFT, pemimpin internasional dalam penyediaan layanan keuangan yang aman, telah bekerja tanpa lelah untuk membantu merancang, membangun dan menghadirkan sistem kelas dunia ini,” ujar Adrian Lovney, CEO NPP.

NPP merupakan komponen utama dalam strategi pembayaran instan global yang lebih luas dari SWIFT, yang juga mencakup penyediaan layanan olah pesan (messaging) pembayaran instan untuk wilayah Eropa. Akan diluncurkan pada bulan November 2018, bertepatan dengan peluncuran TARGET Instant Payment Settlement (TIPS), yaitu layanan pembayaran Euro real-time yang diprakarsai oleh Eurosystem, layanan messaging baru dari SWIFT akan memungkinkan pembayaran instan dalam mata uang Euro di seluruh wilayah Eropa melalui TIPS dan sistem pembayaran instan RT-1 dari EBA CLEARING.

Tags: , , , ,


COMMENTS