May 19, 2018

HMD akan Boyong Nokia X6 ke Pasar Global

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
HMD akan Boyong Nokia X6 ke Pasar Global  

Mobitekno – HMD Global beberapa hari lalu sudah secara resmi merilis Nokia X6 di Cina. Hadir sebagai smartphone menengah, Nokia X6 datang dengan jeroan Snapdragon 636 dan pilihan RAM 4 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, serta RAM 6 GB + ROM 64 GB.

Di pasar smartphone Cina, HMD Global memasarkan smartphone ini mulai dari harga US$ 204 untuk varian yang paling rendah hingga US$ 266 untuk varian paling tinggi. Sayangnya, HMD hanya memasarkan Nokia X6 di pasar Cina.

Terkait dengan hal itu, sebuah kejutan justru diperlihatkan oleh Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer HMD Global. Lewat akun Twitter miliknya, @sarvikas membuka polling yang bertanya ke masyarakat umum apakah Nokia X6 perlu diluncurkan secara global.

 

Tentu saja ini sebuah hal yang menarik. Sebelumnya pihak HMD Global sendiri menegaskan secara lantang bahwa Nokia X6 tidak akan dijual diluar pasar Cina. Ini sekaligus menegaskan bahwa perangkat ini eksklusif hanya tersedia di pasar Tiongkok.

Namun dengan cuitan salah satu petinggi HMD Global tersebut, rumor yang berkembang bahwa Nokia X6 memiliki rencana untuk dipasarkan di luar Cina bisa jadi bukan lagi “cerita fiktif”.

HMD Global sendiri juga sudah jauh-jauh hari menegaskan bahwa Nokia X6 memang ditujukan untuk pasar kelas menengah. Posisi smartphone ini oleh HMD Global ditempatkan di antara Nokia 6 (2018) dan Nokia 7 Plus yang diperkenalkan pada awal tahun ini.

Jika cuitan Sarvikas jadi kenyataan, tentu saja persaingan smartphone dengan chipset Snapdragon 636 semakin menarik. Seperti kita ketahui, saat ini tak sedikit pabrikan smartphone yang berlomba-lomba menelurkan perangkat dengan otak buatan Qualcomm tersebut.

Di Indonesia sendiri sudah ada Xiaomi dan ASUS yang masing-masing memiliki amunisi dengan chipset Snapdragon 636. Xiaomi punya Redmi Note 5, sedangkan ASUS punya ZenFone Max Pro M1 dan ZenFone 5 yang baru diperkenalkan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS