June 18, 2018

Layanan Huawei Cloud PC Bisa Hadirkan Windows 10 di Layar Ponsel Android. Caranya?

Penulis: Iwan RS
Layanan Huawei Cloud PC Bisa Hadirkan Windows 10 di Layar Ponsel Android. Caranya?  

Mobitekno – Huawei yang meramaikan ajang CES Asia 2018 (13-15 2018) di Shanghai, Cina memamerkan inovasi terbarunya yang memungkinkan pengguna dapat menjalankan (mengakses) Windows 10 langsung dari smartphone/ponsel.

Dengan dukungan Huawei Desktop protocol dan layanan Huawei Cloud PC, pengguna dapat melihat/mengakses PC desktop Windows 10 secara remote melalui layar smartphone atau monitor eksternal.

Salah satu smartphone yang bakal mendapatkan kemampuan (via update) ini adalah Huawei Mate 10. Setelah mendapatkan update yang mengsung fitur Huawei Cloud PC ini, Mate 10 dapat digunakan layaknya sebuah Pocket Laptop.

Sederhananya, Huawei Desktop Protocol hanyalah sebuah aplikasi remote desktop yang menggunakan protokol remote desktop khusus dari Huawei (proprietary remote desktop protocol).

Bagi yang terbiasa dengan aplikasi remote di ponsel tentu sudah mengenal aplikasi, seperti TeamViewer, Android-VNC-Viewer, Splashtop Remote Desktop, Chrome remote Desktop, hingga Microsoft Remote Desktop.

Perbedaannya di sini, solusi Huawei Cloud PC lebih mirip seperti sebuah thin client (dalam hal ini ponsel) untuk mengakses virtual PC (dalam hal ini Windows 10) yang dijalankan di cloud.

Singkatnya, Android tetap menjadi sistem operasi ponsel dan penggunanya akan mendapatkan akses Windows 10 yang terpasang pada Virtual PC di cloud. Fasilitas ini berguna bagi pengguna mobile yang kerap membutuhkan akses ke PC desktop Windows dari mana saja.

Huawei akan menghadirkan fitur remote desktop Windows 10 ini pada lima perangkatnya, mulai dari tablet MediaPad M5, smartphone P20, P20 Pro, Mate 10, dan Mate RS. Sejauh ini Huawei baru menyediakan layanan remote desktop ini di negaranya sendiri (Cina). Belum diketahui apakah Huawei akan menghadirkan cloud-base Windows 10 di luar Cina.

Tags: , , ,


COMMENTS