May 18, 2018

Review Atmosphere Drive: Bikin Udara di Kabin Mobil Tambah Bersih

Penulis: Desmal Andi
Review Atmosphere Drive: Bikin Udara di Kabin Mobil Tambah Bersih  

Mobitekno –┬áSudah menjadi keharusan bahwa kesehatan menjadi hal yang amat penting. Oleh sebab itu, berbagai kondisi dan pendukung agar hidup lebih sehat banyak dilakukan berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya adalah menghirup udara bersih dimanapun Anda berada.

Nah, kabin mobil juga menjadi salah satu area yang banyak diakses oleh banyak orang, terutama pengemudi. Bahkan, bagi pekerja yang teramat sibuk, seringkali aktivitasnya banyak dilakukan dari dalam mobil. Inilah yang membuat Amway menghadirkan Atmosphere Drive, sebuah perangkat Car Air Treatment System yang dapat menyaring udara kotor di dalam mobil menjadi bersih kembali.

Menurut Amway yang sudah lama bergerak di bisnis kesehatan, kabin mobil bahkan bisa menjadi area yang lebih kotor dibandingkan kondisi di luar mobil. Kebiasaan mmerokok dari pengemudi, asap kendaraan lain yang masuk, hingga kurangnya menjaga kebersihan mobil menadi faktor utama mengapa kabin mobil menjadi area yang penuh polutan. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk kepada kesehatan penumpang dan pengemudi.

 

Kelengkapan:

Kelengkapan

Saat paket pembersih udara ini datang ke redaksi Mobitekno, kami melihat ukuran kotaknya cukup besar. Setelah dibuka, memang ternyata perangkat ini memiliki dimensi yang besar. Padahal, Mobitekno sempat berpikir tampilan perangkat berdimensi kecil, seperti banyak produk air filter yang banyak dijual di banyak toko.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini isi paketnya.

  1. Perangkat Amway Atmosphere Drive berwarna hitam
  2. Filter udara berbahan halus
  3. Buku garansi dan buku panduan singkat
  4. Kabel charger yang cukup panjang untuk dihubungkan ke port lighter di mobil.
  5. Tali untuk mengikat perangkat ini di beberapa bagian dalam mobil

 

Desain dan Kinerja

Desain

Dimensinya memang cukup besar. Namun, produk ini tampaknya sudah didesain dengan cermat sehingga saat diletakkan di salah satu bagian dalam kabin mobil, tidak terlalu mengganggu aktivitas penumpangnya. Perangkat bisa ditempatkan secara fleksibel. Dengan strap yang disediakan, Anda bisa mengikatknya di senderan tangan pada bagian tengah jok, atau bisa juga diletakkan di bagian belakang jok bagian depan.

Pada bagian depan yang berbentuk melengkung ke bawah, Anda bisa melihat panel-panel utama untuk pengoperasian perangkat ini. Tombol Power terletak di bagian tengah. Sementara untuk pengaturan kecepatan kipas, ada dibagian kanan. Terdapat tiga mode pengaturan kipas, yaitu putaran kecil, putaran besar, dan putaran automatis.

Indikator buruk tidaknya udara yang ada di sekitar perangkat ditunjukkan pada nyala lampu di atas tombol power. Ada tiga lampu di atas tombol power. Jika ketiganya berwarna merah, hal ini menunjukkan bahwa udara di sekitar sangat jorok (kotor). Nyalakan perangkat ini, udara akan diputar dan disaring dalam filter. Jika sudah bersih, lampu akan berubah berwarna hijau.

Indikator

Filter yang ada di dalamnya sendiri memiliki tiga tahap penyaringan, yaitu pre filter, particulate/hepa filter, dan odor filter. Filter dapat menyaring partikel hingga ukuran 0,015 mikron. Memang, untuk membuktikannya dibutuhkan alat khusus. Namun, Mobitekno mencobanya dengan menyemburkan asap rokok di sekitar perangkat ini. Dengan cepat, asap dihisap dan tidak menunggu waktu lama, asap pun hilang, dan udara menjadi bersih kembali. Indikator juga akan berwarna hijau.

Filternya berbentuk kotak dengan bahan yang sangat halus. Jika dilihaat sekilas, mirip filter AC pada kendaraan Anda. Untuk melihat filter ini, Anda harus membuka tutup atas Atmosphere Drive, dengan cara mendorong tombol d bagian belakang hingga penutup terangkat. Angkat tutupnya dan filter bisa diambil.

Di bagian bawah filter terdapat motor kipas yang akan berputar sesuai kecepatan yang Anda tentukan. Jika memilih otomatis, kipas akan berputar menyesuaikan dengan kondisi udara yang ada.

Motor

Untuk tali pengikatnya (strap), dapat mengikat perangkat ini dengan kuat, baik di sandaran tangan maupun belakang jok depan. Posisi paling pas memang sebaiknya di sandaran tangan pada jok depan, jika mobil Anda memiliki fitur ini. Namun jika tidak, Anda bisa menempatkannya di sandaran tangan pada jok tengah (biasanya terdapat pada mobil jenis sedan dan SUV). Jika tidak memiliki keduanya, ikatkan di belakang jok depan atau letakkan saja di atas jok yang kosong.

Untuk kabel chargernya, Amway menyediakannya dengan ukuran yang cukup panjang. Dengan demikian, Anda bebas meletakkan perangkat ini di bagian manapun di dalam mobil. Selain itu, pada bagian belakang unit utamanya, jalur kabel sudah dibuat fleksibel.Anda bisa mengarahkan kabel ke kanan atau ke kiri,menyesuaikan area yang akan dilewati kabel hingga ke bagian lighter.

 

Spesifikasi

Amway Atmosphere Drive tidak membutuhkan daya yang besar saat beroperasi. Selain itu, perangkat ini tidak terlalu bising saat bekerja sehingga tidak mengganggu orang di dekatnya. Berikut ini spesifikasi Amway Atmosphere Drive

Daya

5,5 watt

Input

DC 12V

Sensor Partikel

RFID, berfungsi juga untuk mendeteksi keadaan filter

Kecepatan Kipas

Low, high, Auto

Warna

Hitam

Jenis Filter

3-in-1 filter (pre-filter, particulate filter,carbon filter)

Harga

Rp 6,6juta

 

Kesimpulan

Kesimpulan

Perangkat ini mampu menghasilkan udara bersih di dalam kabin dengan cepat. Dengan Atmosphere Drive dari Amway, Anda dan keluarga akan terjaga kesehatannya pada saat melakukan perjalanan dengan mobil.

Namun, bukan berarti dengan adanya perangkat ini Anda kemudian berpikiran bisa bebas merokok di dalam mobil. Kebersihan tetap menjadi pilihan utama sehingga keberadaan Amway Atmosphere Drive bisa menjadi perangkat kesehatan tambahan di dalam mobil yang dapat menjaga kualitas udara supaya tetap bersih.

Tags: , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS