May 18, 2018

Microsoft Siapkan Surface Hub Generasi Kedua. Hadir Tahun Depan

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
Microsoft Siapkan Surface Hub Generasi Kedua. Hadir Tahun Depan  

Mobitekno – Tahun 2015 lalu, Microsoft membuat kejutan dengan merilis Surface Hub, sebuah interactive whiteboard yang masuk lini produk Microsoft Surface. Kabarnya, sebagai produk perdana untuk kategori ini, Surface Hub diklaim Microsfot sukses di pasaran.

Meski tidak menyebutkan berapa jumlah unit yang terjual, Microsoft dikabarkan cukup kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar terhadap Surface Hub tersebut.

Meskipun baru menyasar sektor bisnis/komersial, pasar interactive whiteboard terbilang cukup ramai saat ini. Sebut saja, seperti Samsung Flip, Google Jamboard, Cisco Spark Board, SMART kapp iQ, Mondopad Ultra, hingga Dell interactive conference room monitor.

Interactive Whiteboard

Melihat hal itu, Microsoft pun berbenah dan kabarnya raksasa software asal Redmond, Washington, AS ini sedang mempersiapkan Surface Hub 2. Microsoft berjanji akan merilisnya tahun depan dan hanya konsumen terpilih yang dapat mencobanya lebih awal.

Lalu, penigkatan apa saja yang ditawarkan Surface Hub generasi kedua ini? Utamanya adalah pada layarnya. Microsoft kini mengemas Surface Hub 2 dengan layar berukuran 50,5 inci dengan resolusi 4K (aspect ratio 3:2).

Meski datang dengan resolusi lebih tinggi, Surface Hub 2 baru tersedia dalam satu model ukuran layar yang lebih kecil dari Surface Hub sebelumnya (55 inci dan 84 inci).

Interactive whiteboard ini memiliki bezel yang jauh lebih tipis dibandingkan model sebelumnya sehingga empat unitnya memungkinkan untuk disusun berdampingan (sejajar) menjadi satu whitheboard yang lebih besar (lebar).

Microsoft Surface Hub 2

Meskipun bezel layar di semua sisinay sudah realtif tipis, Surface Hub 2 tetap menyediakan fitur yang ada di Surface Hub sebelumnya, seperti speaker, mikrofon, dan sebuah kamera untuk melakukan video call/conference.

Microsoft juga berhasil memperbaiki salah satu keluhan pengguna terhadap Surface Hub generasi pertama, yakni kurang portabelnya whiteboard tersebut (susah dipindah-pindah). Kini, Microsoft menggandeng Steelcase untuk mengembangkan ‘dudukan’ atau stand yang dapat digeser kemana saja.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS