May 18, 2018

Garap Smartphone Exodus, HTC Coba Manfaatkan Tren Cryptocurrency dan Blockchain

Penulis: Okta W
Garap Smartphone Exodus, HTC Coba Manfaatkan Tren Cryptocurrency dan Blockchain  

Mobitekno – Saat ini, para produsen smartphone sedang berlomba meluncurkan produknya yang mendukung teknologi Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. Namun, ada juga produsen yang mencoba memanfaatkan tren teknologi lain untuk diterapkan dalam smartphone mereka.

Ya! Saat ini sudah ada smartphone yang mencoba berdiferensiasi dengan mengusung teknologi blockchain, termasuk cryptocurrency yang mengadopsi teknologi blockchain.

Contohnya, smartphone Sugar S11 Blockchain Creation Edition yang diperkenalkan Januari 2018 lalu dan belum lama samrtphone Sirin Finney. Keduanya dibuat dalam unit terbatas dan sama-sama sudah mengadopsi teknologi blockchain yang berkaitan juga dengan cryptocurrency (digital currency).

Melihat hal itu, pemain lama smartphone asal Taiwan, HTC juga kepincut untuk memproduksi smartphone dengan teknologi blockchain. Disebut-sebut, nama smartphone-nya adalah Exodus dan digadang-gadang bakal berkompetisi dengan Sirin Finney.

Exodus nantinya dirancang dengan menghadirkan dompet digital (digitalwallet) universal dan dukungan keamanan dalam bentuk hardware untuk mendukung cryptocurrency. Selain itu, HTC juga berencana untuk membuat jaringan blockchain dengan semua unit Exodus sebagai node untuk memfasilitasi perdagangan cryptocurrency di antara pemiliknya.

Tak sampai di situ saja, pabrikan smartphone asal Taiwan ini juga mempertimbangkan untuk menerima pembayaran cryptocurrency via smartphone itu sendiri. Sayangnya, HTC belum mau berkomentar lebih jauh mengenai harga smartphone ini dan begitu juga sistem penjualannya nanti.

HTC juga merangkul Phil Chen, pencipta headset Vive VR, yang disebut sangat antusias akan rencana tersebut. Dikatakannya, Exodus mungkin saja akan mendukung platform cryptocurrency yang ada, seperti Bitcoin, Lightning Networks, Ethereum, Dfinity, dan sebagainya. Harapannya, kehadiran Exodus dapat lebih mendukung perkembangan ekosistem blockchain.

Tentu saja, baik HTC dan Chen yang memikirkan dengan matang aspek keamanan dan mkenyaman Exodus agar dapat memberikan experience (pengalaman) yang diutuhkan pengguna. Selain itu, Exodus juga harus mampu fleksibel dalam mengintegrasikan berbagai penyimpanan dompet virtual ke dalam perangkatnya nanti.

Tags: , , , , ,


COMMENTS