April 18, 2018

Produksi Tesla Model 3 Tertunda, Musk Damprat Para Robot

Penulis: Rizki Romdoni
Produksi Tesla Model 3 Tertunda, Musk Damprat Para Robot  

Mobitekno – Tak selamanya otomatisasi itu baik dalam sebuah proses produksi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya robot yang merakit Tesla Model 3 sehingga mengakibatkan penundaan produksi. Elon Musk mengakui bahwa hambatan produksi untuk sebagian mobil listrik Tesla Model 3 adalah hasil dari “otomatisasi yang berlebihan” di pabrik Fremont, California.

“Ya, otomatisasi yang berlebihan di Tesla adalah kesalahan, Tepatnya, kesalahanku. Manusia diremehkan,” kicau Musk pada Jumat sore.

 

Kicauan itu mengkonfirmasi laporan bahwa sebagian robot ‘disalahkan’ atas tersendat-sendatnya produksi Model 3, yang baru-baru ini hanya mencapai sekitar 5.000 mobil sepekan yang dijanjikan Musk.

“Kami memiliki jaringan sabuk konveyor yang rumit dan rumit ini. Dan itu tidak berhasil, jadi kami menyingkirkan semua itu,” tambah Musk dalam wawancara dengan CBS This Morning.

Musk sendiri tidak memberikan rincian tentang rencana untuk memperbaiki masalah tersebut. Alih-alih, miliarder teknologi ini mengaku telah bekerja dan kerap tidur di pabrik belakangan ini.

Sebelumnya, Musk telah berkicau bahwa Tesla akan menguntungkan di kuartal ketiga dan keempat tahun ini, dan tidak harus mengumpulkan dana tambahan dari investor. Pernyataan itu sebagai tanggapan atas sebuah cerita di The Economist yang mengutip perkiraan bahwa Tesla akan membutuhkan $2,5 miliar hingga $3 miliar dalam pendanaan tambahan pada 2018.

“Tesla akan menguntungkan & arus kas di Q3 & Q4, jadi dipastikan tidak perlu mengumpulkan uang.”

Saham Tesla telah memperoleh hampir 10 persen sejak mengungkapkan angka produksi Model 3 pada 3 April, naik 2,1 persen pada Jumat, ditutup pada $300,34. Broker Wall Street, Jefferies, mengatakan pekan lalu mereka mengharapkan risiko tetap tinggi untuk Tesla hingga secara konsisten dapat menghasilkan 10.000 Model 3 dalam sepekan.

Tags: , , , ,


COMMENTS