December 17, 2018

Paduan Kirin 980 dan AI di Huawei Mate 20 Series Bisa Lewati Batas Imajinasi Penggunanya

Penulis: Desmal Andi
Paduan Kirin 980 dan AI di Huawei Mate 20 Series Bisa Lewati Batas Imajinasi Penggunanya  

Mobitekno – Smartphone dengan kinerja cepat sudah tentu memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni. Sederet fitur pun tidak ketinggalan di dalamnya yang membuat smartphone bisa bekerja untuk banyak hal. Namun, bagi Huawei spesifikasi saja tidak cukup karena smartphone harus mampu memberikan pengalaman yang tiada banding bagi penggunanya.

Seperti kita ketahui bersama, Huawei Mate 20 Series sudah menggunakan Kirin 980 sebagai chipsetnya. Chipset ini mampu memberikan kinerja tinggi. Ditambah dengan kemampuan teknologi Artificial Intelligence, membuat Kirin 980 tidak hanya menghasilkan kekuatan, tetapi juga kecerdasan.

Smartphone ini menyajikan kecerdasan yang lebih lagi, membongkar batasan imaginasimu. Terobosan yang kami tanamkan ke dalam Mate 20 Series melalui riset mendalam, telah mengaburkan tembok pemisah antara apa yang Anda impikan dengan apa yang bisa Anda lakukan,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Saat ini, Kirin 980 baru pertama kali dipasang di Huawei Mate 20 Series sehingga membuat smartphone lebih bertenaga dengan daya baterai yang efisien. Ditambah dengan dual Neural Processing Unit (NPU) untuk menjalankan fungsi AI, kinerja Huawei Mate 20 Series pun dapat meningkat cukup signifikan.

Bahkan, Teknologi AI di Mate 20 Series membuat smartphone ini bisa mengenali 4,500 foto per permenit, atau 120 persen lebih cepat dari versi sebelumnya. Mate 20 Series juga bisa mengenali 5.000 subjek berbeda, dan 1.500 skenario berbeda.

kirin

Tidak hanya untuk foto, AI juga dibenamkan ke dalam video sehingga pengguna dapat merekam klip sinematik. Dengan AI Director, pengguna juga bisa mengatur komposisi, framing, dan segala sesuatu dengan lebih cerdas. eknologi AI juga membuat pengguna Mate 20 Series bisa merasakan konektivitas tercepat melalui jaringan Wi-Fi dan tersambung ke GPS dengan lebih akurat dibandingkan yang lain.

Dengan konektivitas yang baik, Mate 20 Series juga mencegah penggunanya tersesat di tempat yang belum dikenal sebab ia mendukung fitur Satellite-Selection GPS dual frekuensi (L1 dan L5) yang ditenagai AI. Pita frekuensi L5 menyajikan akurasi 10 kali lebih besar dalam penentuan lokasimu di smartphone.

“Jadi titik di mana itu ditunjukan oleh smartphone Anda, itu adalah titik di mana tempat Anda benar-benar berada saat itu. Meskipun berjalan di bawah lorong atau tunnel sekalipun,” ucap Lo Khing Seng.

Kirin 980 yang didesain dengan teknologi proses 7nm menyajikan kekuatan besar pada ukuran yang lebih kecil. Chipset ini bisa menampung 6,9 miliar transistor dalam ruang 1 cm persegi saja. Ini memberikan peningkatan performa 20 persen dan efisiensi daya 40 persen.

Kombinasi antara empat core berbasis Cortex-A76 dan empat core berbasis Cortex-A55 menghasilkan kinerja tinggi untuk menangani beban kerja yang besar tapi tetap lancar dan efisien dalam hal penggunaan daya.

 

Tags: , , ,


COMMENTS