December 17, 2018

JDOR! Harbolnas 12.12.18 dari JD.ID Catat Pertumbuhan Traffic 406% Dibanding Tahun Lalu

Penulis: Desmal Andi
JDOR! Harbolnas 12.12.18 dari JD.ID Catat Pertumbuhan Traffic 406% Dibanding Tahun Lalu  

Mobitekno – Pesta belanja online Harbolnas 12.12 tahun 2018 sudah usai. Berbagai ecommerce mencatat hasil penjualan yang mengagumkan dibandingkan hari biasa. Hal yang sama dialami oleh JD.ID sebagai perusahaan ecommerce yang terafiliasi dengan JD.com. Melalui program JDOR!, JD.ID bahkan mencatat berbagai hal fantastis dalam event Harbolnas 12.12.18 ini.

Harbolnas 12.12.18 memang terasa berbeda dibandingkan tahun lalu. Meningkatnya penggunaan smartphone turut menyumbang transaksi yang terjadi di tanggal 12 Desember 2018. Terbukti, di situs JD.ID tercatat pertumbuhan traffic sebesar 406 persen dibandingkan Harbolnas tahun 2017. Dengan traffic tersebut, JD.ID juga mencatat rekor jumlah pesanan yang mencapai 826 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan, angka pesanan yang terjadi di Harbolnas 2017 bisa tersalip hanya dalam kurun waktu 3 jam saja pada Harbolnas 2018 ini. Sementara dalam waktu 10 jam, rekor dari 11.11 bulan lalu sudah dapat dilewati.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa sepanjang sejarah JD.ID hadir di Indonesia sekaligus penutup akhir tahun yang membahagiakan,” ujar Zhang Li, CEO JD.ID. “ami mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan atas kepercayaan yang telah diberikan. Semoga momen Harbolnas ini menjadi berhasil menjadi kesempatan edukasi bagi lebih banyak pelanggan di Indonesia akan kenyamanan dan keuntungan berbelanja online,” lanjur Zhang Li.

Jika dirinci lebih detail, ada lebih 65 ribu Mystery Box yang terjual dalam waktu 1 jam saja. Selain itu, ada lebih dari 160 ribu tiket elektronik JD Golden Ticket yang terjual hanya dalam waktu 5 menit. Angka-angka ini tentunya membanggakan bagi JD.ID dalam persaingannya dengan ecommerce lainnya di Indonesia.

Sama seperti event sebelumnya, untuk Harbolnas 2018 ini, JD.ID juga menyediakan sejumlah produk dalam kategori JD99. Di Harbolnas 2018 ini, 300 produk di kategori JD99 ludes terjual dalam kurun waktu 3 menit.

Dari catatan yang diperoleh JD.ID selama acara berlangsung, didapat tiga wilayah dengan pemesanan terbanyak, yaitu Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Dari para pemesan tersebut, pelanggan pria cenderung memilih kategori ponsel, tablet, dan aksesori. Sementara pelanggan wanita lebih menyukai groceries dan kesehatan. Samsung, Xiaomi, dan Wardah menjadi tiga kata kunci yang paling populer dari seluruh pemesan yang berasal dari kelompok umur 25-35 tahun.

Dari sisi kategori selama Harbolnas 2018, lima kategori dengan pertumbuhan tertinggi adalah otomotif, office network and serversgroceries dan kesehatan, luxury, dan audio. Sementara kategori dengan penjualan tertinggi adalah ponsel beserta tablet dan aksesori disusul oleh produk elektronik rumah tangga, groceries dan kesehatan, laptop dan desktop, serta produk ibu, bayi dan anak. Adapun merek-merek yang mencatatkan penjualan tertinggi adalah Samsung, Xiaomi, Sharp, Lenovo dan Asus.

Program Andalan Lain di Momen Harbolnas 2018

Selain mengadakan promo JDOR! Di Harbolnas 2018, JD.ID juga mengadakan berbagai program andalan di waktu yang sama. Salah satunya adalah Harjoynas. Aktivitas ini diadakan untuk mendukung program 12.12 dan berlangsung dari tanggal 12-16 Desember 2018 di Senayan City Jakarta. Acara ini menghadirkan produk-produk dari 9 kategori dan merupakan acara terbesar yangmenjadi signature event JD.ID tahun ini.

Selain Harjoynas, JD.ID juga mengadakan ICEE Show dan Sharebuy. ICEE Show berlangsung dari tanggal 7-9 Desember 2018 dengan menjalin kerja sama dengan beberapa peserta pameran. Di acara ini, JD.ID berhasil menandatangani lebih dari 300 kontrak on-site. Sementara Sharebuy merupakan yang digelar JD.ID pada momen 12.12 ini mencatat peningkatan sebesar 4 kali lipat dibamdingkan momen 11.11 tahun 2018 atau sebesar 5,5 kali lipat dibandingkan momen 10.10 2018.

“Kami akan terus bekerja untuk ‘Make Joy Happen’ dan sudah tidak sabar untuk menyambut tahun baru yang penuh harapan,” tutup Zhang Li.

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS