August 17, 2018

Dukcapil Manfaatkan Teknologi Digital untuk Jaga Kedaulatan Data Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Dukcapil Manfaatkan Teknologi Digital untuk Jaga Kedaulatan Data Indonesia  

Mobitekno – Seiring dengan semakin berkembangnya era ekonomi digital saat ini, data menjadi konsumsi yang sangat fital untuk kelancaran bisnis dan usaha saat ini. Era ekonomi digital yang membutuhkan unsur kecepatan dan keakuratan dalam proses bisnis tentu membutuhkan akses data yang cepat dan akurat juga.
Menyadari akan hal itu, Kementrian Dalam Negeri dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang mengusai dan memiliki data kependudukan terlengkap di Indonesia saat ini, tentu menjadi mitra strategis bagi para pelaku bisnis di era ekonomi digital saat ini.

Oleh karenanya, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke -73 , Dukcapil yang didukung oleh sejumlah kementerian, lembaga pemerintahan, dan 24 perusahaan dari beragam industri yang menyelenggarakan layanan untuk publik mendeklarasikan Kedaulatan Data Kependudukan Indonesia.

Pencanangan dan Deklarasi Menjaga Kedaulatan Data Kependudukan yang digelar di Jakarta, Rabu (15/08/2018 ) ini diikuti oleh beberapa instansi pemerintah dan beberapa lembaga keuangan dan industri fintech, dan telekomunikasi.

Menurut Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, pencanangan dan Deklarasi Menjaga Kedaulatan Data Kependudukan menjadi langkah penting seiring meningkatnya kebutuhan dunia usaha maupun lembaga-lembaga pemerintah penyelenggara layanan publik terhadap penggunaan data kependudukan secara aman, cepat, dan akurat untuk mengoptimalkan proses verifikasi dan validasi layanan atau kebijakan.

Langkah ini menjadi sangat strategis untuk menjawab isu penyalahgunaan data yang dapat merugikan dunia usaha maupun masyarakat sebagai konsumen, maupun isu kebutuhan verifikasi data personal untuk kepentingan hukum, penanggulangan terorisme, hingga mendukung program-program penting seperti program haji,” ujar Zudan, saat acara Deklarasi Pencanangan dan Deklarasi Menjaga Kedaulatan Data Kependudukan yang dilakukan di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu 15/08/2018.

Lebih lanjut Zudan mengungkapkan bahwa kedepan Dukcapil akan lebih meningkatkan kelengkapan data kependudukan yang didukung dengan pemanfaan berbagai teknologi digital seperti AI dan teknologi face recognition.

“Sehingga kedepan masyarakat yang akan berkunjung ke kantor bank misalnya, selain cukup membawa sidik jari, juga cukup dengan menampilkan wajahnya di camera CCTV yang ada di kantor tersebut. Dengan sidik jadi, sudah bisa diketahui semua data orang tersebut, terlebih lagi dengan teknologi face recognition, hal itu akan lebih lengkap lagi verifikasi data orang tersebut,” ujar Zudan.

Dengan kemudahan verifikasi data kependudukan seperti itu, menurut Zudan hal itu akan memudahkan dan sangat efisien sekali dalam proses bisnisnya, baik dari segi waktu ataupun biaya.

Lebih lanjut Zudan juga mengungkapkan bahwa kedepan Dukcapil akan membangun data kependudukan menunju SIN ( Single Idenfitication Number ). Menurutnya, dengan SIN, kedepan akan lebih memudahkan lagi verifikasi datanya. Cukup dengan menyebut satu identitas angka, maka semua data akan keluar, baik data kesehatan, data perbankan, serta data-data lain yang terkait dengan pemilik identitas tersebut.

Tags: , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS