June 17, 2018

Tiga Tahun Lagi, Dua Truk Listrik Daimler Siap Mengaspal. Tantang Truk Tesla Semi?

Penulis: Iwan RS
Tiga Tahun Lagi, Dua Truk Listrik Daimler Siap Mengaspal. Tantang Truk Tesla Semi?  

Mobitekno –┬áPabrikan mobil Jerman, Daimler AG, memperkenalkan dua truknya yang bertenaga listrik (baterai) pada awal Juni ini. Keduanya antara lain truk heavy-duty Freightliner eCascadia (bobot 36.29) dan truk medium-duty Freightliner eM2 106.

Sebagai truk dengan 18 roda, Freightliner eCascadia diklaim mempunyai daya jelajah hingga 402.34 km (untuk sekali pengisian baterai). Dengan daya jelajahnya tersebut, truk ini disasar untuk distribusi regional dan layanan kargo di pelabuhan.

Truk kedua, Freightliner eM2 106, yang memiliki daya jelajah hingga 370 km akan dirancang untuk transportasi lokal untuk makanan dan minuman, dan juga layanan logostik ‘last-mile’.

Rencananya, Daimler akan mengirimkan 30 truk protipe-nya ke pelangggan pada akhir tahun ini untuk diuji coba. Selanjutnya, Daimler akan mulai memproduksinya pada tahun 2021. Pelucuran kedua truk ini tidak jauh berselang dengan rencana produsen mobil listrik Tesla untuk memproduksi truk listrik Tesla Semi di tahun 2020 nanti.

Daimler Freightliner eCascadia dan Freightliner eM2

Apabila mau dibandingkan kemampuan daya jelajah antara kedua truk listrik ini, Tesla Semi masih lebih baik (setidaknya menurut kjlaim Tesla) karena dapat menempuh perjalanan hingga 800 km.

Salah satu alasan produsen mobil mulai membuat truk atau kendaraan niaga bertenaga listrik adalah mengantisipasi berlakunya regulasi global yang mengatur dampak polusi udara truk. Peralihan ke kendaraan listrik tidaklah mudah karena truk konvensional (non-listrik) masih lebih murah dalam hal operasional dan perawatan ketimbang listrik.

Untuk mendrong riset dan pengembangan di divisi truknya tahun depan, Daimler sudah menyiapkan dana lebih dari 2,5 miliar Euros (US$ 2,9 miliar). Dari jumlah itu, 500 juta Euros diperuntukkan untuk sektor kendaraan komersial listrik, connectivity, dan teknologi self-driving.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS