May 17, 2018

Facebook Nonaktifkan 1,3 Miliar Akun Palsu dalam 6 Bulan

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Facebook Nonaktifkan 1,3 Miliar Akun Palsu dalam 6 Bulan  

Mobitekno – Dalam sebuah laporan yang diterbitkan NYpost, Selasa (15/5), Facebook mengklaim telah menonaktifkan hampir 1,3 miliar akun palsu dalam enam bulan terakhir (periode Oktober hingga Maret).

Bila seandainya Facebook gagal mengendalikan akun-akun palsu tersebut, maka basis pengguna bulanannya akan membengkak melampaui 2,2 miliar pengguna saat ini.

Bahkan setelah semua penonaktifan itu, Facebook mengatakan bahwa 3 hingga 4 persen dari pengguna aktif bulanan adalah palsu, yang berarti 88 juta akun palsu lolos (tidak ditangani oleh Facebook) .

Belakangan, akun-akun palsu mendapatkan lebih banyak perhatian dalam beberapa bulan terakhir setelah terungkap bahwa agen Rusia menggunakan mereka memengaruhi Pemilu AS 2016. Angka-angka itu diungkapkan untuk memecahkan berapa banyak materi yang dihapus oleh Facebook karena melanggar ketentuan layanan.

Sebelumnya, Facebook belum lama mengumumkan bakal melakukan audit atau investigasi internal terhadap berbagai aplikasi yang ‘berkeliaran’ di paltform Facebook. Aplikasi-aplikasi ini disinyalir telah mengumpulkan data pribadi pengguna Facebook dalam jumlah yang tidak kecil.

Dari tahun ke tahun, Facebook juga telah berupaya mengurangi meningkatnya aplikasi yang dapat ‘meng-capture’ data pribadi yang dibuat oleh pihak ketiga. Hasilnya, Facebook melaporkan telah menangguhkan sekitar 200 aplikasi yang dicurigai berkaiatan dengan kebocoran data penggunanya.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES