July 16, 2018

Nutanix Luncurkan Tiga Solusi Baru: Beam, Flow dan Era

Penulis: Karyo | Editor: Desmal Andi
Nutanix Luncurkan Tiga Solusi Baru: Beam, Flow dan Era  

Mobitekno – Sebagai pemimpin di bidang komputasi enterprise cloud, yang awalnya mempelopori teknologi HyperConverged Infrastructure (HCI) yang ditujukan untuk menyederhanakan sebuah data center, Nutanix terus mengembangkan teknologinya dengan menghadirkan Nutanix Enterprise Cloud OS, platform untuk menghadirkan skalabilitas serta kemudahan pengelolaan IT yang dibutuhkan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan bisnis.

Menurut Andreas Ananto Kagawa, Country Manager Nutanix Indonesia, dengan Enterprise Cloud OS, Nutanix melihat bahwa dalam IT masa kini, cloud tidak lagi hanya dua jenis, Public Cloud dan Private Cloud, melainkan ada juga Distributed Cloud, yang didorong oleh makin populernya tren IoT dan ROBO (Remote Office/Branch Office) yang membutuhkan keuntungan cloud.

Tren lain menurut Andreas,  juga bisa dilihat dari permintaan CIO perusahaan yang menginginkan agar beban kerja jenis Elastik (naik-turun) dan Predictable (bisa diperkirakan) bisa ditangani secara mudah. “Perusahaan juga dituntut untuk lebih hemat biaya melalui penggunaan skema pay-as-you-grow, sehingga tidak lagi harus memboroskan anggaran untuk OPEX/perawatan, maupun juga menginvestasikan CAPEX yang besar di awal,” ujar Andreas, di Jakarta baru-baru ini.

Salah satu pengguna solusi Enterprise Cloud Nutanix, menurut  Andreas adalah perusahaan e-commerceTokopedia. Awalnya, aplikasi inti Tokopedia dijalankan di atas sistem IT legacy yang kompleks  dan ditopang oleh beragam sistem enterprise lainnya, termasuk sebuah online web server yang menjalankan bisnis e-commerce mereka dan MySQL untuk pengelolaan database. Seiring waktu dan laju pertumbuhan bisnis, sistem tradisional tersebut menjadi lebih kompleks untuk dikelola.

“ Setelah menggunakan solusi Nutanix, Tokopedia merasakan berbagai manfaat nyata dari solusi Nutanix. Beberapa di antaranya seperti memiliki ruang yang lebih lega karena mampu memotong jumlah server dari awalnya 25 server menjadi 3 server Nutanix dengan konsumsi daya yang lima kali lebih hemat,” tegas Andreas

Setelah teknologi HCI dan solusi Enterprise Cloud OS, pada  ajang NEXT 2018 yang diadakan di New Orleans pada bulan Mei lalu, Nutanix meluncurkan tiga solusi baru, yang memperkaya solusi Enterprise Cloud OS, yaitu Beam, Flow dan Era. Masing-masing menjawab tantangan yang dihadapi oleh pemimpin IT/CIO masa kini secara lebih spesifik.

BEAM

Beam merupakan tool untuk Multi-Cloud Governance untuk Cost dan Compliance yang bersifat Self-service. Melalui Beam, pengguna dapat mengatur anggaran sistem dan melihat laporan lengkap serta prediksi bagi pembiayaan sistem antar layanan cloud publik dan privat yang digunakan, dan pada akhirnya memilih mana yang paling cocok atau memenuhi compliance. Anggaran juga bisa dilihat berdasarkan Project Team mana saja yang menggunakan biaya terbesar, atau aplikasi apa saja yang digunakan. Selain itu, Beam bisa memberikan saranan efisiensi biaya dan optimalisasi kinerja yang terbaik dari berbagai skenario. Beam membantu CIO agar tidak harus menghitung semua biaya dan anggaran secara manual lagi.

FLOW

Bagian dari Strategi Layanan Infrastruktur Nutanix, Flow merupakan ‘pengatur lalu lintas jaringan’ yang bisa memonitor setiap aliran data aplikasi, dan policy/kebijakan di jaringan data, menetapkan mengubah dan mengoptimalkan policy jaringan, sampai dengan melakukan segmentasi perangkat/VM dalam jaringan dengan mudah. Dengan demikian, manajemen sistem dapat menentukan aplikasi mana saja yang boleh atau tidak boleh berkomunikasi dengan aplikasi lainnya.

ERA

Dengan Era, manajemen database di data center dipermudah dengan fungsi Platform as a Service. Di mana operasional dilakukana cukup dengan ‘One Click’. Selain itu, Era juga memungkinkan pengelola jaringan melakukan duplikasi, backup, hingga snapshot dan replika dari database di setiap waktu, sehingga bila ada perubahan, bisa dikembalikan ke titik waktu sebelumnya yang pernah direkam, meningkatkan fleksibilitas dan keamanan data. Saat ini Era mendukung database Oracle dan PostgreSQL, dan akan mendapat dukungan untuk lebih banyak database di masa yang akan datang.

Tujuan dari tiga produk/solusi baru ini adalah memudahkan dan menyempurnakan digital transformation bagi berbagai perusahaan yang menggunakan Nutanix, dan bisa diterapkan ke lintas industri yang beragam: finansial, kesehatan, ecommerce, ritel, perbankan, pemerintahan, dan lain sebagainya. Selain itu, Nutanix juga membantu meningkatkan kecepatan proses perusahaan (Time to Market), dan menurunkan biaya kepemilikan (TCO=Total Cost of Ownership) yang meliputi modal awal dan biaya operasional.

Tags: , , ,


COMMENTS