July 16, 2018

Microsoft Mendesak Pemerintah Terbitkan Regulasi Teknologi Pengenalan Wajah

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Microsoft Mendesak Pemerintah Terbitkan Regulasi Teknologi Pengenalan Wajah  

Mobitekno – Microsoft pada Jumat (13/7), menyerukan peraturan kepada pemerintah tentang teknologi pengenalan wajah dan undang-undang yang mengatur terkait penggunaannya.

“Kami percaya Kongres harus membuat komisi ahli bipartisan untuk menilai cara terbaik agar dapat mengatur penggunaan teknologi pengenalan wajah di Amerika Serikat,” tulis Presiden Microsoft Brad Smith dalam sebuah blog.

Pada bulan Mei, kelompok kebebasan sipil telah meminta Amazon untuk menyetop penawaran layanan pengenalan wajah kepada pemerintah sambil memperingatkan bahwa perangkat lunak yang digunakan untuk menargetkan imigran dan orang kulit berwarna tidak adil.

Smith berkata, “Microsoft menghargai panggilan untuk membuat keputusan atas pengenalan wajah, akan tetapi lebih masuk akal untuk meminta pemerintah terpilih supaya mengawasi teknologi.

“Teknologi pengenalan wajah menimbulkan masalah yang masuk terlalu dalam terkait perlindungan HAM yang mendasar, seperti privasi dan kebebasan berekspresi,” tulisnya.

Sebelumnya, pada bulan lalu Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah memperbarui teknologi pengenalan wajahnya dengan peningkatan signifikan dalam kemampuan sistem untuk mengenali gender di seluruh warna kulit dikutip dari Nypost.

Perbaikan itu mengulas seputar kekhawatiran soal teknologi pengenalan wajah yang tersedia secara komersial lebih mengenali jenis kelamin orang dengan warna kulit lebih terang secara akurat, dibandingkan dengan warna kulit yang lebih gelap.

Tags: , , ,


COMMENTS