May 16, 2018

Serius Garap Kualitas Foto, Xiaomi Bentuk Divisi Khusus Kamera?

Penulis: Iwan RS
Serius Garap Kualitas Foto, Xiaomi Bentuk Divisi Khusus Kamera?  

Mobitekno – Xiaomi akan lebih serius menggarap modul kamera untuk berbagai produknya di masa mendatang. Ini terkait dengan kabar rencananya membentuk divisi kamera khusus, lengkap dengan tim internalnya (in-house team). Rencana ini terendus dari email Lei Jun, CEO Xiaomi, yang menjelaskan detail dibentukanya division tersebut.

E-mail dari Jun tersebut disebutkan pentingnya kualitas kamera sebagai salah satu fitur terpenting smartphone modern. Agar Xiaomi bisa bersaing dengan rival kelas kakap di industri smartphone, Xiaomi berharap memiliki tim khusus untuk riset dan pengembangan kualitas foto (image) kameranya.

Apa yang diinginkan oleh Xiaomi ini sudah disadari oleh berbagai produsen, termasuk Huawei yang akhirnya memilih berkolaborasi dengan spesialis kamera Leica selama beberapa tahun ini. Tentu saja agar mereka dapat bersaing dengan raksasa samrpthone, seperti Samsung dan Apple.

mobile photography

Seperti juga Huawei, Xiaomi merupakan salah satu produsen yang sangat peduli dengan kualitas kamera. Misalnya, smartphone Mi Mix 2S yang mendapatkan respons positif dari DxO Mark (mendapat skor tinggi) atas kualitas fotonya.

Apakah Xiaomi akan mendapatkan divisi khusus kamera yang solid masih perlu dibuktikan melalui kualitas kamera pada smartphone generasi mendatangnya. Yang jelas, Huawei yang menggandeng Leica saja harus menunggu sekitar dua tahun agar kualitas smartphone-nya (P20/Pro Pro) mendapatkan pengakuan terbaik dari berbagai pihak.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES