January 16, 2018

Climoji, Emoji yang Mengampanyekan Perubahan Lingkungan

Penulis: Eko Lannueardy
Climoji, Emoji yang Mengampanyekan Perubahan Lingkungan  

Mobitekno – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan rasa khawatir mengenai nasib Bumi beserta isinya di masa depan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh seorang seniman yang menciptakan satu set emoji mengenai perubahan iklim.

Diberi nama Climoji, emoji perubahan iklim ini menyajikan banyak informasi yang bisa kita manfaatkan, terutama terkait dengan kerusakan lingkungan. Beberapa emoji yang diciptakan menggambarkan hewan yang sekarat, makanan sisi, ikan yang mati di dalam botol plastik, kebakaran hutan, hingga orang-orang yang tenggelam.

Sangat jelas, emoji tersebut memperlihatkan lebih banyak gambaran suram masa depan Bumi jika kita tak mau merawat dan menjaganya. Satu hal yang menarik, emoji ini dibuat berdasarkan literatur ilmiah tentang masa depan manusia jika tidak melakukan upaya bersama untuk menyelamatkan lingkungan tempat tinggalnya.

Marina Zurkow, seorang seniman yang juga profesor di Program Telekomunikasi Interaktif di New York University mengatakan bahwa fokus pada aspek negatif dari perubahan iklim itu disengaja. Hal ini terlihat jelas dari beberapa kerusakan alam yang terjadi di muka Bumi.

Diwawancarai oleh Newsweek, Zurkow menjelaskan, “Saya telah bergelut dengan seni, terutama terkait tentang penggambaran perubahan iklim sejak tahun 2006 lalu. Banyak cara yang saya lakukan agar orang-orang disekitar mau berkontribusi merawat lingkungannya. Terbaru, menciptakan Climoji yang bisa diartikan Climate Change + Emoji.”

Tertarik untuk memasang emoji ini di smartphone Anda? Tak hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone, Climoji juga dapat dipasang pada smartphone berbasis Android. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengakses tautan berikut. Ayo, ajak teman-teman menjaga lingkungan agar Bumi ini tetap “sehat”.

Tags: , , ,


COMMENTS