October 15, 2018

Dikonfirmasi: Apple Telah Membeli Startup Musik Analisis “Asaii”

Penulis: Rizki Romdoni
Dikonfirmasi: Apple Telah Membeli Startup Musik Analisis “Asaii”  

Mobitekno – Tak kurang dari sebulan ini, Apple secara diam-diam telah membeli perusahaan ‘kecil’ –atau menyewa karyawan unggulannya– untuk menambahkan beberapa sentuhan atau fitur baru pada kemampuan perangkat Apple yang sudah ada. Kini, perusahaan asal Cupertino itu dilaporkan mengakuisisi Asaii, sebuah perusahaan analitik musik berusia dua tahun yang diklaim dapat menemukan calon artis potensial masa depan 10 pekan sebelum mereka membuat grafik.

Asaii analytics menggunakan data dari Facebook, Instagram, Twitter, Apple Music, SoundCloud, Spotify, dan YouTube untuk mengidentifikasi bakat yang kurang dikenali yang memiliki kemampuan untuk menjadi sesuatu yang lebih besar. Perusahaan menawarkan dasbor yang dapat menemukan dan mengelola bakat baru, serta API sehingga layanan musik yang ada dapat merekomendasikan artis “jika Anda suka ini”.

Ketertarikan Apple pada Asaii cocok dengan transisi signifikan yang terjadi di dalam divisi Apple Music. Gerakan terbaru dari pengamat dan pemeran utama, artis Jimmy Iovine dari peran kepemimpinan hingga konsultasi berarti bahwa Apple dapat memperoleh manfaat dari cara alternatif untuk ‘membudidayakan’ seniman baru.

Asaii tampaknya menutup operasi yang dihadapi pelanggan, dan belum diketahui apakah alat perusahaan akan tersedia melalui iTunes Connect dan Apple Music atau malah menjadi milik Apple. Kemampuan Apple untuk memasarkan diri sebagai pendukung lanjutan dari bakat yang dikenal dan tidak dikenal telah menjadi keuntungan besar bagi bisnis musiknya sejak masa iPod.

Meskipun Apple belum secara resmi mengonfirmasi akuisisi ini, kesepakatan itu dilaporkan oleh Axios dan kemudian dilesakkan oleh investor pertama Asaii, inkubator The House, ke MusicAlly. Nilai kesepakatan dikatakan di bawah US$ 100 juta, dan pendiri Asaii kini terdaftar di LinkedIn saat bekerja di tim Apple Music.

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS