June 15, 2018

Akhir Tahun Ini, Apple Watch Sudah Bisa Bantu Pasien Penyakit Parkinson

Penulis: Rizki Romdoni
Akhir Tahun Ini, Apple Watch Sudah Bisa Bantu Pasien Penyakit Parkinson  

Mobitekno – Sebuah perangkat lunak baru untuk Apple Watch menjanjikan untuk membantu pasien penyakit Parkison untuk mengelola gejalanya dengan lebih baik. Antarmuka pemrograman aplikasi yang disebut The Movement Disorder akan memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat melacak dua gejala yang terkait dengan sindrom – tremor dan diskinesia, atau gerakan tak sadar secara terus menerus sepanjang hari.

Dari laporan Engadget, perangkat lunak baru ini telah dibuat untuk alat pengembangan Apple ResearchKit dan akan dirilis akhir tahun ini sebagai bagian dari pembaruan watchOS 5. Pasien Parkinson akan dapat mengukur ketangkasan, keseimbangan, cara berjalan dan ingatan mereka saat Apple Watch terpasang pada pergelangan tangan mereka.

Selanjutnya, data yang telah terkumpul oleh perangkat dapat dikirim ke para peneliti untuk membantu mempelajari penyakit, serta dibagikan dengan dokter.

“Kunjungan yang berpotensi membatasi [pasien] kepada spesialis mereka,” kata surat kabar The Daily Telegraph yang dikutip laman The Week.

Apple ResearchKit juga dapat digunakan untuk membantu orang dengan penyakit dan gangguan lain.

Para peneliti di Cardiogram yang berbasis di AS telah menemukan bahwa Apple Watch mungkin dapat membantu mendeteksi gejala stroke dengan memantau detak jantung yang tidak teratur. Penelitian lain menunjukkan bahwa perangkat lunak ResearchKit mungkin dapat membantu dokter mendeteksi autisme, melanoma dan epilepsi.

Tags: , , , ,


COMMENTS