May 15, 2018

Kerjasama TCASH-BTN: Nasabah Semakin Dimudahkan Melalui Transaksi Digital

Penulis: Desmal Andi
Kerjasama TCASH-BTN: Nasabah Semakin Dimudahkan Melalui Transaksi Digital  

Mobitekno – TCASh yang dikenal sebagai alat pembayaran elektronik milik Telkomsel ingin terus meluaskan sayapnya di Indonesia. Hal ini dibuktikan TCASh dengan mengajak PT Bank Tabungan Negara (Persero) agar para pelanggannya bisa mengakses layanan keuangan melalui ponsel. Kerjasama kedua perusahaan ini berlangsung pada 10 Mei 2018 lalu dan Malang dipilih sebagai kota pertama dalam kemitraan strategis TCASH-BTN Cermat ini.

“Kerjasama strategis antara TCASh sebagai uang elektroni Telkomsel, dengan Bank BTN turut membantu kami erealisasikan visi perusahaan untuk mencptakan ekosistem digital yang terintegrasi, guna menghubungkan lebih banyak pelanggan di segmen mikro ke dalam layanan finansial dan mendukung keuangan inklusif,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel. “Hadirnya layanan ini dapat menjadi solusi bagi pelanggan segmen ini di pelosok Indonesia dengan memanfaatkan jaringan luas uang elektronik TCASH dan layanan laku pandai BTN Cermat, untuk dapat menikmati layanan finansial secara lebi praktis dan aman,” lanjut Ririek.

Keberadaan kerjasama strategis TCASH-BTN Cermat ini juga akan menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki akun di Bank. Berdasarkan data The Global Findex Database 2017, terdapat lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akun bank. Tidak adanya dana yang memadai serta biaya yang tingg untuk menjangkau kantor bank, menjadi alasan utama mereka tidak memiliki atau membuat akun bank. Inilah yang juga menjadi sasaran kerjasama TCASH-BTN Cermat ini untuk memudahkan mereka mendapatkan berbagai layanan finansial.

“Saat ini kami yakin akan ada 10.000 agen Laku Pandai degan 200.000 rekening tabungan melalui kemitraan ini. Ke depannya, BTN dan TCASH juga akan menghadirkan layanan kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam genggaman bagi nasabahnya,” kata Maryono, Direktur Utama PT bank Tabungan Negara (Persero).

Layanan KPR Mikro dan KUR ini akan memanfaatkan metode analisa dan pengolahan data (data analytics) untuk menentukan pelanggan yang tepat untuk mendapatkan dua produk Bank BTN tersebut. Nantinya, dana KUR dan KPR Mikro yang telah disetujui dapat disalurkan melalui akun TCASH pelanggan yang telah terdaftar sebelumnya, dengan maksimal dana sebesar Rp10 Juta. Untuk dapat menggunakan beragam fitur finansial dalam layanan ini, dapat dilakukan melalui kode menu *144*1# dari ponsel jenis apapun.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES