March 15, 2018

Harga SSD Samsung Mungkin Bakal Naik. Ini Penyebabnya.

Penulis: Iwan RS
Harga SSD Samsung Mungkin Bakal Naik. Ini Penyebabnya.  

Mobitekno –┬áKebutuhan akan SSD (Solid-State Drive) sebagai media storage untuk notebook dan PC dari tahun ke tahun terus meningkat. Sebagai produsen NAND (media format untuk SSD) terbesar saat ini, peran Samsung menjadi penting dalam menentukan kondisi pasar media berbasiskan teknologi flash memory tersebut.

Adanya gangguan produksi flash memory NAND di pabrik Samsung tentunya dapat berpotensi mengganggu kestabilan pasar SSD global. Inilah yang terjadi baru-baru ini saat beredar kabar seputar gangguan produksi NAND di pabrik Samsung.

Berdasarkan kabar dari TechNews, telah terjadi gangguan pasokan listrik di pabrik NAND Samsung, Pyeongtaek, Korea Selatan pada 9 Maret lalu. Gangguan listrik ini menjadi krusial karena dilaporkan berdampak pada kerusakan wafer NAND sebagai salah satu bahan utama untuk pembuatan SSD.

Pabrik Samsung NAND flash

Meskipun gangguan listrik berlangsung hanya setengah jam, dampaknya bukan persoalan sepele bagi pabrik Samsung yang didukung peralatan canggih yang bekerja konstan dan memiliki presisi tinggi untuk membuat rangkaian sirkuit dan wafer NAND.

Belum lagi jika diperhitungkan sistem pengatur kondisi ruangan yang perlu dijaga tetap bersih dan steril agar wafer NAND tidak terkontaminasi.

Menurut pengamat yang paham akan masalah ini, gangguan listrik setengah jam dapat merusak 5 ribu hingga 60 ribu wafer. Kerusakan wafer ini sebanding dengan 11% dari produksi NAND flash Samsung di bulan Maret.

Meskipun operasional produksi SSD Samsung mungkin tidak akan terganggu secara signifikan, pasar SSD global mungkin akan tetap meresponsnya dengan adanya kenaikan harga SSD dalam beberapa minggu mendatang.

Kejadian di pabrik Samsung ini mungkin masih dapat dikompensasi dengan kondisi pasar yang terjadi selama kuartal pertama 2018. Menurut analisis DRAMeXchange, pasar NAND flash mengalami sedikit kelebihan pasokan (oversupply) pada kuartal pertama 2018 yang berbuntut turunnya harga kontrak pasokan flash memory.

Seperti apa dampak sebenarnya nanti ke harga SSD masih perlu dibuktikan nanti, mengingat masih ada beberapa faktor lainnya yang turut berkontribusi mempengaruhi harga SSD di pasaran.

Tags: , , , , ,

  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

COMMENTS
OTHER ARTICLES