February 13, 2018

Nokia Mulai Terapkan Arsitektur Jaringan X 5G untuk Inovasi dan Efisiensi Biaya

Penulis: Desmal Andi
Nokia Mulai Terapkan Arsitektur Jaringan X 5G untuk Inovasi dan Efisiensi Biaya  

Mobitekno –  Setelah meluncurkan chipset ReefShark, Nokia langsung bergerak untuk menerapkaan arsitektur Future X 5G, yang menjadi dasar referensi baru dari desain silikon dan layanan 5G. Portofolio ini akan dipamerkan dalam Mobile World Congress 2018 untuk meyakinkan pelanggan bahwa teknologi Nokia ini mampu menghasilkan kapasitas data hingga tiga kali lebih banyak per lokasi seluler serta menurunkan biaya operasi hingga 30 persen.

Baca Juga: “Dukung Jaringan 5G, Nokia Hadirkan Chipset ReefShark Terbaru”

Berkat terobosan dari chipset ReefShark Nokia, Future X 5G ini dapat memberikan performa baseband yang meyakinkan. Dengan dukungan chipset ReefShark juga dapat mengurangi ukkuran antena MIMO hingga 50 persen. Bahkan dengan teknologi beamforming berbasis machine learning, memungkinkan jaringan untuk mengikuti perangkat mobile dan memperluas jangkauan seluler.

“Dengan portofolio Future X 5G Nokia, kami menghadirkan data jaringan dan intelijen jaringan bagi para pelanggan kami untuk bersama-sama memprogram dan menyesuaikan teknologi pembelajaran mesin dan otomatisasi yang dijalankan pada teknologi silikon baru kami,” ujar Marc Rouanne, President of Mobile Network Nokia. “Arsitektur Future X yang diciptakan dari hasil penelitian Nokia Bell Labs kami memungkinkan untuk mengkombinasikan keahlian-keahlian di dalam Nokia, dalam hal IP, Optics, RF, software dan silikon in-house yang inovatif. Kami kini berharap dapat memberikan kemampuan dan efisiensi yang belum pernah ada sebelumnya yang memungkinkan pelanggan kami untuk mentransformasikan penawaran layanan mereka ke 5G,” lanjut Rouanne.

Jaringan Future X 5G sendiri merupakan jaringan yang dapat disesuaikan secara efisien untuk mengatasi trafffic. Jaringan Future X 5G dapat memberikan kemampuan penyampaian layanan yang lebih cepat, serta efisiensi operasional terbaik di kelasnya.

Beberapa portofolio Future X 5G Nokia diantaranya adalah: Nokia 5G New Radio, Nokia AirScale Radio Access, Antena Aktif 5G AirScale Nokia, Nokia 5G Small Cells, Nokia 5G Anyhaul, Nokia 5G Core, Nokia Massive Scale Access, hingga Layanan Akselerasi 5G.

 

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES