February 13, 2018

Besok 14 Februari, Indonesia dan India Serentak Kedatangan Redmi ‘Sejuta Umat’ Terbaru

Penulis: Iwan RS
Besok 14 Februari, Indonesia dan India Serentak Kedatangan Redmi ‘Sejuta Umat’ Terbaru  

Mobitekno – Setiap Xiaomi akan meluncurkan smartphone baru, entah itu model flaghsip Mi atau model terjangkau Redmi, para Mi Fans selalu menyambutnya dengan antusias. Produsen Tiongkok ini memang tidak perlu gencar menggelar promosi produk baru, khususnya smartphone. Ini karena pengguna setianya, para Mi Fans, denbgan sukarela mem-viral-kan promosi produk di berbagai media sosial.

Contoh terbaru adalah menjelang peluncuran seri Redmi terbaru di India dan Indonesia. Sudah beberapa minggu, bahkan beberapa bulan lalu beredar luas jika Xiaomi akan segera meluncurkan seri smartphone terjangkau di India dan Indonesia.

Pasar India sudah menjadi fokus utama Xiaomi belakangan ini. Apalagi mengingat klaim Xiaomi yang menyebutkan telah berhasil menjadi brand smartphone nomor satu di negara penghasil film Bollywood tersebut.

Bagaimana dengan di Indonesia? Sebagai pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara, Indonesia sudah pasti juga menjadi fokus Xiaomi. Pasar Tanah Air mulai ‘dibenahi’ Xiaomi setelah sempat sedikit terhambat dengan diberlakukannya regulasi TKDN.

Sejak tahun lalu, para Mi Fans Indonesai sudah mulai kedatangan ponsel Xiaomi, dimulai dari seri terjangkau dan mid-low, seperti Redmi 4X, Redmi Note 4, Redmi 5A, Redmi Note 5A, dan Mi A1.

Redmi Note 5
Redmi Note 5 diprediksi bakal menjadi salah satu smartphone Xiaomi terlaris tahun ini. Setidaknya di pasar India. Bagimana dengan di Indonesia?

 

Akan datangnya ponsel terjangkau Xiaomi pada tanggal 14 Februari, bertepatan dengan Hari Kasih Sayang (Valentine’s Day), sudah diumumkan Xiaomi melalui kanal berbagai medsos. Intinya, Xiaomi akan meluncurkan ponsel Redmi dengan nomenklatur produk ‘5’. Angka ‘5’ bisa berarti seri Redmi 5 atau Redmi Note 5.

Berdasarkan informasi terakhir, Xiaomi bisa saja memboyong Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus untuk pasar Indonesia. Sedangkan India akan kedatangan Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro pada tanggal 14 Februari.

Namun, informasi ini dapat saja berubah saat acara peluncurannya nanti di Hari H. Penamaan resmi boleh jadi berbeda antara pasar Indonesia dan India. Misalnya, Redmi 5 Plus di Indonesia akan disebut sebagai Redmi Note 5 di India.

Kehadiran Redmi 5 di Indonesia sudah diumumkan oleh Donovan Sung, Director of Product Management & Marketing, Xiaomi Global melalui akun Twitter-nya (@donovansung). Sedangkan di India, kehadiran Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro masih sebatas rumor yang disampaikan akun Twitter @luckyankit (Ankit Chugh).

Yang pasti, Xiaomi akan meluncurkan model Redmi 5 terbaru di kedua negara tersebut. Model ini akan diprediksi akan menjadi kandidat kuat sebagai rajanya ponsel terjangkau tahun ini.

Redmi 5 yang sudah dirilis di Malaysia akan diperkuat prosesor Snapdragon 450 (Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53), RAM 3 GB, internal storage 32 GB (slot microSD hingga 128GB), sensor sidik jari, dan baterai 3300 mAh.

Layar Redmi 5 relatif besar (5,7 inci) berjenis kekinian dengan AR (aspect ratio) 18:9. dan resolusinya HD+ (1440 x 720 pixel). Pada Kamera belakang membawa sensor 12 MP (PDAF, LED flash), sedangkan kamera depan/sefie 5 MP (selfie light).

Bagaimana dengan spesifikasi Redmi Note 5? Menurut akun @luckyankit, Redmi Note 5 akan didukung layar 5,7 inci, (FHD+, 1080 x 2160 pixsel), Qualcomm Snapdragon 625/626, RAM 3 GB/4 GB, dan internal storage 32 GB/64 GB, Android Nougat (MIUI 9.5), baterai 4000 mAh, dan  jack audio 3.5 mm.

Kamera utama dan selfie Note 5 berturut-turut akan berkualitas 12 MP dan 5 MP. Ini berarti, Note 5 seperti juga Redmi 5 belum mengadopsi fitur dual camera yang sedang digemari saat ini.

Namun, hal ini bisa berbeda dengan versi Redmi Note 5 final nanti. Berdasarkan bocoran terakhir, Redmi Note 5 malah disebut juga mengusung fitu dual camera seperti halnya Redmi Note 5 Pro.

Redmi Note 5 Pro diprediksi akan menggunakan layar 5.7 inci atau lebih besar (5,9 inci) dengan resolusi FHD+ (1080 x 2160 pixel). Dapur pacunya juga lebih cepat dari Redmi 5 karena mengadopsi Snapdragon 636, RAM 4 GB/6 GB, dan internal storage 64 GB.

Selain dapu pacu yang lebih cepat, Note 5 Pro juga lebihunggul di aspek fotografi. Ini karena kameranya sudah mengusung fitur dual camera pada kamera utama/belakang belakang (kombinasi 12MP dan 5MP). Sedangkan di bagian depannya tersedia kamera selfie dengan sensor 20 MP.

Selain prosesor, layar, dan kamera, spesifikasi dan fitur kedua Redmi Note 5 ini (Note 5 dan Note 5 Pro) tidak akan jauh berbeda. Saat diluncurkan di India, Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro baru tersedia secara eksklusif melalui jaringan Flipkart.

Berhubung seri Xiaomi yang akan meluncur ini tergolong ponsel ‘kasta’ terjangkau, bersiaplah dengan harga ‘kejutan’ dari Xiaomi. Apakah Redmi 5 di kisaran Rp 2 jutaan? Nantikan saja!

Tags: , , , , , , , ,

  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS
OTHER ARTICLES