December 12, 2018

Luncurkan Liva Z2 Series dan Liva One Plus, ECS Lengkapi Portofolio Produk Mini PC di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Luncurkan Liva Z2 Series dan Liva One Plus, ECS Lengkapi Portofolio Produk Mini PC di Indonesia  

Mobitekno – Produsen yang berbasis di Taiwan, ECS (Elitegroup Computer Systems) baru saja memperkenalkan tiga produk Mini PC terbarunya di Indonesia (12/12/2018)> Ketiganya adalah Liva Z2, Liva Z2V, dan Liva One Plus.

Baik Liva Z2 dan Liva Z2V merupakan Mini PC yang dimensinya relatif kecil (132 mm × 118 mm × 56.4 mm). Keduanya diperkuat chip/SoC Intel Gemini Lake (berbasis mikroarsitektur Goldmont Plus).

Keduanya telah dirancang untuk mendukung RAM DDR4 DIMM dan internal storae modul eMMC berkpasitas 32 GB atau 64 GB. Ada pula bay 2.5 inci untuk menampung media storage SSD/HDD.

Sebagai fasilitas connectivity, terdapat slot M.2-2230 slot untuk modul Wi-Fi (802.11ac), Bluetooth 4.2, empat port USB 3.1 Gen 1 (3 port Type-A, satu port Type-C), dan port audio jack 3.5 mm. Salah satu chip-nya, misalnya Intel Pentium N5000, Celeron N4100, Celeron N4000, dan lain-lain

ECS Liva mini PC

Menurut ECS, kedua Mini PC desktop (ultra-compact form-factor atau UCFF) ini cukup mumpuni untuk digunakan sebagai solusi sistem PC hemat energi, fanless design, dan multifungsi. Misalnya untuk usaha iklan digital, perkantoran, hingga PC di tempat yang membutuhkan kesenyapan (tingkat kebisingan rendah).

Menurut Aris Subagio, Technical Product ECS Elitegroup Indonesia, kedua Mini PC Z serius ini akan coba menyasar segmen pendidikan yang membutuhkan PC sebagai bagian penting dalam suatu digital classroom.

Secara umum, Liva Z2 dan Liva Z2V memiliki spesifikasi teknis yang sama. Perbedaan utamanya terdapat pada port HDMI-nya. Apabila Liva Z2 menyediakan dual port HDMI (1 port HDMI 2.0 dan 1 port HDMI 1.4), Liva Z2V hanya menyediakan satu port HDMI 1.4 dan satu port VGA.

Beralih ke produk Mini PC ketiga, Liva One Plus lebih ditargetkan bagi pengguna yang mengutamakan performa. Pasalnya mini PC ini dapat diperkuat chip/prosesor desktop Intel Core (mendukung Intel Core 8th gen), Pentium, dan Celeron.

ECS Liva mini PC
Berbeda dari Liva Z2 atau Liva Z2V, dimensi Liva One Plus terlihat lebih lebar dan tipis.

 

ECS Liva mini PC
Dimensinya yang relatif kecil dan tipis membuat Liva Z2 series cukup mudah dibawa kemana saja.

 

Liva One Plus lebih ditargetkan bagi konsumen yang kerap membuat konten digital (desainer grafis). Salah satu pertimbangannya adalah performanya (CPU dan GPU) yang lebih tinggi dibandingkan Liva Z2 dan Liva Z2V dan dukungan RAM/memori yang besar untuk menunjang produktivitas pengguna.

“Liva Mini PC memperhatikan kebutuhan pengguna yang semakin menginginkan kepraktisan. Mini PC ini telah dirancang berukuran mini/mungil tanpa harus menurunkan performanya yang lebih bertenaga,” ujar Roger Chen, Section Bussiness ECS Taiwan.

Seperti diketahui, Mini PC berguna bagi konsumen yang tingkat mobilitas tinggi. Ukurannya yang relatif kecil membuatnya tidak menyita tempat saat ditempatkan di atas meja atau lemari, bahkan saat ditempelkan di belakang monitor. Dengan kata lain, adanya kabel yang berserakan seperti pada PC Desktop dulu seharusnya sudah tidak terjadi lagi.

Saat hadir di pasar, ECS akan membanderol ketiga produk ini di rentang harga Rp 2 jutaan hingga 5 jutaan tergantung spesifikasi teknis yang diinginkan pengguna. Anda tertarik dengan Mini PC terbaru ECS ini?

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS